Pengaruh Kualitas Akun Twitter @Aeribase terhadap Kepuasan Pengguna

Aliffah Faradilla Imansari, Bambang Sujarwadi

Abstract


Twitter merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang muncul dengan berbagai fitur. Twitter memungkinkan para pengguna untuk bertukar pesan dan pendapat secara bebas, berbagi foto dan video hingga membentuk jaringan komunitas. Penggunaan jejaring sosial Twitter juga tengah digandrungi di Indonesia, hal ini membuat para pengelola akun Twitter berkompetisi untuk meningkatkan kualitas akun Twitternya guna menarik minat pengguna lebih banyak lagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas akun Twitter @ aeribase berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan konsep MAIN (Modality, Agency, Interactivity dan Navigability) serta teori uses and gratifications. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut atau followers akun Twitter @aeribase yang tidak diketahui atau tak terhingga jumlahnya, sehingga pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling melalui kriteria tertentu, yaitu anggota sampel merupakan pengguna akun Twitter @aeribase. Jumlah anggota sampel sebanyak 96 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan peranti lunak SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan kualitas akun Twitter memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 73%, sedangkan sisanya 27% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.

Keywords


Kualitas Media; Media Sosial; Twitter; Kepuasan Pengguna; Uses and Gratifications

References


Ahmadi dan Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.

Donald A Norman. (1999). Affordances, Conventions, and Design. New York: Associations for Computing Machinery Volume 6 Nomor 3.

Giese, Joan L. and Cote, Joseph A., (2002). Defining Customer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review Journal

No.1.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Maharani, Aprilia. (2019). Pengembangan Literasi Di Era Milenial. Klaten: Maharani Mediatama

Morissan. (2010). Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Grasindo.

Rakhmat, Jalaludin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2008). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta

Siswanta. (2015). Informasi Kesehatan di Media Online. Surakarta: UNISRI

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sundar S.S. & Limperos, Anthony M. (2013). Uses and Gratifications 2.0: New Gratifications for New Media. Journal of Broadcasting & Electronic Media. Penn State University.

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.

Zolkepli, Izzal Asnira and Yusniza Kamarulzaman. (2014). Social Media Adoption: The Role Of Media Needs And Innovation Characteristics. Retrieved from ScienceDirect.

Dokumen Elektronik

APJII. (2018). Laporan Survei: Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet

Indonesia Survei 2018. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Antara. (2018). Pengguna Twitter Indonesia Tumbuh Pesat di 2018.

Sumber: https://techno.okezone.com/read/2019/04/22/207/2046587/pengguna-twitter-indonesia-tumbuh-pesat-di-2018, diakses pada tanggal 10 Februari 2020

Kurnia, Tommy. (2018). 5 Negara dengan Jumlah Pengguna Media Sosial Terbanyak Indonesia Berapa?. Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/3481323/5

negara-dengan-jumlah-peng guna-mediasosial-terbanyak-indonesia-berapa,diakses pada tanggal 10 Februari 2020

Mohamad, Ardyan. (2013). Di 5 Media Sosial Ini, Orang Indonesia Pengguna Terbesar Sedunia. Sumber: https://www.merdeka.

com/uang/di 5-media-sosial-ini-orang indonesia-pengguna-terbesar-dunia.html,diakses pada tanggal 10 Februari 2020




DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v5i1.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi



Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857

Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537

Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id