STRATEGI PEMASARAN MELALUI BROSUR

Claudia Ayu Mahardhika Ekanto, Sintar Nababan

Abstract


Strategi pemasaran sangat penting untuk menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini mengkaji perancangan brosur sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan target bisnis melalui publikasi brosur. Brosur cleon adalah publikasi di bidang telekomunikasi, khususnya layanan internet di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah agar cleon dapat merancang brosur yang lebih kreatif atau menarik sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan keuntungan dalam layanan internet. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian kualitatif dengan analisis perancangan desain grafis dan analisis taksonomi. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan pegawai Cleon, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Perancangan brosur mengunakan teori Perancangan Desain yang terdiri atas beberapa tahap, diantaranya tahap pra-desain (menentukan strategi, konsep, desain dan
naskah), proses desain (menentukan tipografi, warna dan layout) dan pasca desain (Final Art Work). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brosur dapat meningkatkan keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena perancangan brosur meruapakan salah satu strategi pemasaran efektif untuk menarik perhatian konsumen. Brosur dapat mempengaruhi pelanggan agar tertarik dengan produk maupun jasa yang ditawarkan dimana brosur merupakan permainan yang full colour atau soft dilengkapi dengan ilustrasi dan layout yang menarik.


Keywords


brosur; perancangan desain; strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Cahyono, S., A. (2012). Desain Brosur Stikom Surabaya. STIKOM Surabaya: sir.stikom.edu.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran: Edisi Kesebelas Jilid 1. Jakarta: PT. INDEKS Kelompok Gramedia.

Kusrianto, Adi. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi OFFSET.

Kusrini. (2007). Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta: CV Andi OFFSET.

Sarwono dan Lubis. (2007). Metode Riset Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV Andi OFFSET.

Wahyuni, Putri. (2007). 36 Jam Belajar Komputer Adobe Indesign CS3. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v2i1.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi



Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857

Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537

Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id