ANJANGSANA SEBAGAI STRATEGI MELAKSANAKAN CSR DI PT. TIRTAINVESTAMA AQUA KLATEN

Sigit Purnomo

Abstract


Dewasa ini kelangsungan hidup sebuah korporat cenderung ditentukan oleh faktor-faktor Profit, People, Planet and Procedure (4P). Sehingga hidup matinya sebuah korporat juga ditentukan oleh adanya hubungan baik antara korporat dengan masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations (PR) PT. Tirtainvestama (PT.TIV) Aqua Klaten dalam melaksanakan
program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melakukan Anjangsana untuk mengeliminasi atau meniadakan tindakan demo dengan berbagai persoalan masing-masing elemen masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti melakukan
observasi partisipasi dan wawancara mendalam dengan dua orang narasumber sebagai subjek penelitian. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa masa krisis yang ditimbulkan oleh berbagai demo di perusahaan ini terkait dengan masalah konservasi, pertanian, air bersih, dan sanitasi lingkungan, perbaikan jalan, perizinan produksi, maupun kepentingan bisnis. Krisis ini dapat diselesaikan atau diredam dengan kegiatan Anjangsana oleh PR perusahaan. Dengan melakukan kegiatan Anjangsana, PR dapat melakukan komunikasi empatik dan prinsip kesetaraan dengan warga masyarakat terdampak. Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program-program CSR yang meliputi 6 (enam) program dari 13 (tiga belas) program dapat terlaksana di perusahaan dengan baik. Hal ini berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, bahwa program-program CSR-nya sangat membantu masyarakat, baiksecara sosial, ekonomi bahkan kelestarian lingkungan alam.


Keywords


anjangsana; public relation; CSR; PT. Tirtainvestama Aqua- Klaten

Full Text:

PDF

References


Aqua Danone. 2015. Blue Print Book Year PT. TIVAqua Danone Tahun 2015. Klaten: PT. TIVAqua Danone.

DeVito, Joseph A. 1997. Komunikasi antar manusia, Edisi 5. Jakarta: Profesionial Book.

Effendy, Onong U. 2004. Human Relations dan Public Relations dalam Management.

Bandung: Mandar Maju.

lriantara, Vosal. 2004. Comunity Relations, Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Simbiosa

Rekatama Media.

Jefkin, F.1995. Public Relations. Jakara : Erlangga.

Liliweri, Alo. 2002. Gatra-gatra Komunikasi Antarbudaya. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Ludlow, Ron. dan Panton, Fergus.1992. The Essence of Effective Communication, Alih Bahasa Soecipto Raharjo. Yogyakarta:

ANDI.

Smith, Ronald D. 2005. Strategy Planning For Public Relations. USA: Lawrence Erlbaum.

Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan

Pekerjaan Sosial). Bandung: PT Refika Aditama.

Suryadi, A. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Menyongsong Masa Depan Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Paskasarjana, UPI, Vol.3 No.1 Oktober.

Sutaryo, 2005. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Internet:

lskandar, Yoni. 20 Agustus 2014. Ratusan Warga Demo Pabrik Aqua Klaten, Jalan Rusak. http://www.tribu n news.com/ regiona 1/201 4/08/20/ratu sa n-wa rga-d emo-pa bri kaqua-klaten-jalan-rusak

Liputan 6. 12 Des 2012. VIDEO: Debit Air Berkurang, Warga Klaten Demo Pabrik Aqua. http://news.liputan6.com/read/

/video-debit-air-berkurang-wargaklaten-demo-pabrik-aqua

Sunaryo, Arie. 6 September 2014. Warga Klaten Demo Pabrik Aqua Menuntut Perbaikan Jalan. https://www.merdeka.com/

pe ristiwa/wa rga-klaten-demo-pabrikaqua-menuntut-perbaikan-jalan.html

Yogasuria, Ermina. (3 November 2015}. Metode

Penyuluhan Pertanian. Diakses pada http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/947-

metode-penyuluhan-pertanian




DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v1i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi



Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857

Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537

Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id