AKTIVITAS MEDIA RELATIONS JOGJA CITY MALL DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF

Anindita Shavira, Bambang Sujarwadi

Abstract


Jogja City Mall sebagai salah satu pusat perbelanjaan di Yogyakarta selalu berusaha untuk mencapai citra yang diharapkan. Demi mencapai semua itu, membutuhkan komunikasi yang baik kepada publik. Public relations dengan menggunakan media massa berusaha membuat informasi yang berharga dari Jogja City Mall dapat tersebar luas ke publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas media relations di Jogja City Mall dalam membangun citra positif, yaitu kesan yang baik dari masyarakat terhadap kredibilitas perusahaan. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Jogja City Mall melakukan aktivitas media relations yang meliputi: konferensi pers, press release, pers briefing, special event, pers interview, press luncheon, dan pers tour yang mampu memotivasi masyarakat untuk berkunjung ke Jogja City Mall. Dalam menjaga hubungan baik dengan wartawan, Jogja City Mall bekerja sama dengan berbagai media melalui kedekatan pribadi. Citra Jogja City Mall saat
ini sebagai mall modern telah mampu mencapai visinya. Namun, Jogja City Mall belum sepenuhnya mampu menunjukkan sisi “Spirit of Jogja” sebagai visinya.


Keywords


media relations; citra; customer; public relations

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ardianto, E. (2011). Handbook of Public R e l a t ions. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Damastuti, R. (2012). Media Relations, Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hakim, W. F. (2013). Public relations dan Media relations (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Hotel Ibis Solo). Universitas

Muhammadiyah Surakarta. Dipetik dari eprints.ums.ac.id.

Iriantara, Y. (2005). Media Relations, Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jefkins, F. (1991). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Marlina, E. (2008). Panduan Perancangan Bangunan Komersial. Yogyakarta: Andi Offset.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Denzin, N. K. & Vyona S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research. Terjemahan Dariyanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputara, W. & Rully N. (2011). Public Relations 2.0 dan Praktik Public Relations di Era Cyber. Depok: Gramata Publishing.

Soemirat, S. & Ardianto, E. (2005). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosda Karya.

Wardhani, D. (2008). Media Relations: Sarana Membangun Reputasi Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wasesa, S. A. (2005). Strategi Public Relations: Bagaimana Strategi PR dari 36 Merek Global dan Lokal, Membangun

Citra, Mengendalikan Krisis, dan Merebut Hati Konsumen. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v2i1.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi



Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857

Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537

Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id