Implementasi Fungsi Public Relations di LPP TVRI Sumatera Barat

Widhihatmini Widhihatmini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pesatnya perkembangan kehidupan sosial, budaya, politik, dan ekonomi masyarakat yang memerlukan peran penting media penyiaran televisi sebagai media komunikasi massa. Peran penting tersebut dapat dilaksanakan secara optimal bila suatu organisasi penyiaran memiliki fungsi-fungsi public relations. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi public relations di LPP TVRI Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian deskriptif dipilih untuk memaparkan implementasi public relations pada lembaga penyiaran pemerintah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi-fungsi public relations telah diimplementasikan oleh LPP TVRI Sumatera Barat yang meliputi: membentuk, meningkatkan, serta memelihara citra dan reputasi positif instansi pemerintah dengan menyediakan informasi tentang kebijakan, program, dan kegiatan instansi; menciptakan iklim hubungan internal dan eksternal yang kondusif dan dinamis; menjadi penghubung instansi dengan publiknya; dan melaksanakan fungsi manajemen komunikasi yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pemberian masukan dalam pengelolaan informasi. Implementasi fungsi-fungsi public relations belum dapat dilakukan secara maksimal karena struktur organisasi LPP TVRI Sumatera Barat belum mewadahi secara struktural fungsi-fungsi public relations.

Keywords


implementasi; fungsi public relations; humas pemerintah; TVRI Sumatera Barat

Full Text:

PDF

References


Gassing, Syarifuddin & Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta: Andi

Grunig, J.E. (2011). Public Relations and Strategic Management: Institutionalizing Organization-Public Relationship in Contemporary Society. Central Eoropean Journal of Communication 1 ISSN 189-5101. Afindo Persada.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga

LPP TVRI Sumatera Barat. (2017). Website Lembaga Penyiaran Publik TVRI Sumatera Barat. Terarsip dalam http://tvrisumbar.co.id/profil/organisasi.

Mayyasya, Fiihaa. (2018). The Implementation of Public Relations Functions In Komunitas Bule Mengajar. Tugas Akhir. Yogyakarta: Program Diploma III Bahasa Inggris Universitas Gadjah Mada.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. (2011). Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah. Jakarta.

Moleong, Lexy, J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Morissan. (2014). Manajemen Public Relations, Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana

Muliawati, Lintang. (2017). Fungsi Public Relations dan Pengembangan Fasilitas Publik (Studi Kasus Implementasi Fungsi Kehumasan Terhadap Masyarakat Terdampak Pada Pembangunan New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo Tahun 2016-2017. Tesis. Yogyakarta : Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unioversitas Gadjah Mada.

Putra, I Gusti Ngurah & Widodo A. Setianto. (2014). Sistem Komunikasi Indonesia. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Saputra W, Nasrullah R. (2011). Public Relations 2.0. Depok: Gramata Publishing.

Siregar, Faisal & Ulil Amri Abdi. (2019). Kota Padang Pemenang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2019 Kategori Kota Terpopuler di Media Juga Bronze Winner Kategori Media Sosial. Terarsip dalam http://maklumatnews.net/kota-padang-pemenang-public-relations-indonesia-awards-pria-2019-kategori-kota-terpopuler-di-media-juga-bronze-winner-kategori-media-sosial/. Diakses pada 11 Juni 2019.

Smith, Ronald, D. (2013). Strategic Planning for Public Relations. NJ: Lawrence Erlbaum Associates

Undang Undang RI Nomor 32 Tahun 2012 tentang Penyiaran. Jakarta: Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Hukum dan Perundang-undangan

Vardani, Nabila Kusuma. (2017). Public Relations PT Telekomunikasi Indonesia Witel Yogyakarta (Studi Kasus Implementasi Fungsi Public Relations PT Telekomunikasi Indonesia Wilayah Telekomunikasi Yogyakarta dalam Mengelola

Pelanggan Indihome Tahun 2016. Tesis. Yogyakarta: Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada.

Wibowo, Lili Adi & Donni Juni Priansa. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Wibowo, Tri (Penerjemah). (2016). Effective Public Relations. Jakarta: Prenadamedia Group




DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v4i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi



Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857

Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537

Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id