Konvergensi Jogja TV dan Media Sosial

Anwar Harsono

Abstract


Konvergensi media merupakan suatu keharusan bagi media televisi di tengah kemajuan teknologi teknologi informasi dan komunikasi. Perilaku masyarakat yang lebih banyak memilih media sosial dalam mengakses berita, informasi dan hiburan telah disikapi oleh JogjaTV dengan melakukan konvergensi media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ruang lingkup konvergensi Jogja TV dan media sosial, dan problem yang dihadapi pengelola  dalam  konvergensi Jogja TV dan media social. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observsi, dan studi dokumentasi. Data dari hasil wawancara dan observasi yang diperoleh secara langsung dari  informan. Observasi dilakukan dengan cara mengamati objek yang diteliti  yaitu kegiatan (aktivitas) konvergensi. Dokumentasi dilakukan dengan cara menelusuri dan mempelajari dokumen atau catatan terkait dengan konvergensi JogjaTV dengan media sosial. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konvergensi JogjaTV dengan media social dilakukan dengan membuka official channel  di youtube dan instagram. JogjaTV melakukan konvergensi sederhana yaitu dengan mengunggah acara-acara yang disiarkan JogjaTV ke youtube. Guna memudahkan penonton menemukan program acara, official channel  JogjaTV di youtube membuat kategori live streaming, video viral, live streaming sebelumnya, upload social, berita terkini seputar jogja, hiburan, budaya, expose jogja, dan dialog studio. Hambatan yang dihadapi JogjaTV dalam melakukan konvergensi menghadapi hambatan baik dari sisi teknologi ketika ada gangguan internet saat live streaming, keterbatasan SDM yang mengelola media social,  dan keterbatasan  anggaran untuk melakukan konvergensi ke level yang lebih baik lagi.


Keywords


konvergensi, televisi, media sosial

Full Text:

PDF

References


Borders, G. L. (2006). Media Organizations and Convergence. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Francis, T. & Hoefel, F. (2018). True Gen: Generation Z and Its Implications for Companies. McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packagedgoods/our-insights. Diakses 20 Maret 2022.

Grant, A.E. & Wilkinson, J., (2009). Understanding media convergence: the state, the field. New York/Oxford: Oxford University Press.

Eduard, P. (25 September 2019). 7 Alasan Banyak Orang Pilih YouTube Daripada TV, Kamu Salah Satunya. Dipetik 20 Juni 2022 dari https://www.idntimes.com/ hype/entertainment/peter-eduard.

Jenkins, H. (2006). Convergence culture: Where old and new media collide. New York & London: New York University Press

Jayani, D.H. (26 Februari, 2020). 10 Media Sosial yang paling Sering Digunakan di Indonesia. Dipetik tanggal 4 Januari 2021 dari https://databoks.katadata.co.id/datapu.

Keyton, J. (2006). Communication Research: Asking Questions, Finding Answers. New York: McGraw Hill.

Miles, M. B. dan Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif:Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan. Jakarta: UI-Press.

Nielsen Media Consumer. (2017). Tren Baru di Kalangan Pengguna Internet di Indonesia. Dipetik tanggal 8 Desember 2020 dari https://www.nielsen.com/id/en/press-room/2017/tren-baru-di-kalangan-pengguna-internet-di-indonesia.html.

Sumartias, S. & Hafizni, M. (2017). Convergence trends in the television media industry-A case study on the implementation of media convergence in metro tv, Jakarta. The international conference on design and technology, KnE Social Sciences, 83–89. http://dx.doi.org/10.18502/kss.v2i4.871.

Wahyuningsih, T. & Zulhazmi, A.Z. (2020). Jurnalisme Era Baru (Konvergensi Media Radar Jogja Dalam Menghadapi Persaingan Media). Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(1), 79-91.

Yoedtadi, M.G. & Hapsari Z.R. (2020), Pemanfaatan Media Sosial di Televisi Grup MNC. LONTAR Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1).

Yoedtadi, M.G., (2019). TV sosial: Televisi dan media sosial. Dalam W. P. Sari dan L. Irene (Eds). Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zamroni, M. (2021). Dampak Konvergensi Media terhadap Pola Menonton Televisi Indonesia di Era Digital. Jurnal Kajian Media, 5(1), 50 – 59.

Zulaikha, Z. (2020). Media Konvensional vs Media Daring: Belajar dari kasus acara Tonight Show–NET TV. Jurnal Kajian Media, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.56873/jimk.v7i2.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Copyright of Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi
Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta | Telepon: (0274) 561531, 562513 | Fax: (0274) 623537 | Email : multkom@mmtc.ac.id
e-ISSN 2541-2086 | p-ISSN 2776-0006

Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License