Kajian Struktur Teks dan Nilai Karakter pada Buku Cerita Giga dan Gogi sebagai Media Pembelajaran

Raden Mas Joko Priyono

Abstract


Perkembangan kognitif, emosi dan keterampilan seorang anak tidak terlepas dari suatu karya sastra. Melalui suatu karya sastra yang diberikan kepada seorang anak, harapan kedepannya ia akan memiliki potensi untuk berkembang. Ada banyak media salah satunya adalah buku cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penyajian struktural teks/ rangkaian keterkaitan unsur-unsur intrinsik yang berupa alur, penokohan, latar, dan tema dalam buku cerita Giga dan Gogi, (2) mengetahui nilai karakter yang terkandung dalam buku cerita Giga & Gogi. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif analisis, dengan pengertian suatu metode yang bersifat memaparkan sejelas-jelasnya tentang objek yang diteliti, serta menggambarkan data secara keseluruhan, sistematis, dan akurat. Objek yang menjadi bahan kajian struktur teks ini yakni cerita pendek Fabel yang memiliki keunikan. Selain dapat menggambarkan suatu cerita yang unik dan menarik, cerita pendek Fabel juga dapat dijadikan referensi atau penambah ilmu yang terkandung dalam isi nilai-nilai setiap ceritanya.  Sebagai Media Pembelajaran Buku Cerita  Giga dan Gogi, telah memenuhi unsur-unsur struktur teks yakni Orientasi, Komplikasi, Resolusi, serta Koda. Pesan dan Nilai karakter yang ingin diungkapkan dapat secara jelas dikemukakan dalam setiap rangkaian cerita maupun dialog yang tersaji dalam balon kata-kata.


Keywords


struktur, teks, nilai karakter, cerita fabel, Giga dan Gogi

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bunanta, Murti. (2008). Buku, Mendongeng dan Minat Membaca. Jakarta: Kelompok Pecinta Buku Anak.

Gunawan, Ary. (2000). Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Heinich, Molenda, Russel. (1996). Instructional Media and New Technologies of Instruction.

Ismail, Andar. (1998). Ajarlah Mereka Melakukan.Kumpulan Karangan Seputar PAK. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Stanton, Robert. (2007). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ain, Isti Nurul. (2016). “Penerapan Model Sequenced Dalam Pembelajaran Memaknai Isi Teks Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas VII SMP Pasundan 8 Bandung”. http://repository.unpas.ac.id/12210 /4/BAB%20II%FIX%20banget.pdf

Hikariza, Alif Jannata & Sihombing, Riama Maslan. (2014). https://media.neliti.com/media/ publications/180300-ID-activity-book- pengenalan-pemanfanfaatan.pdf.

Maria Devina Hartanto, I Wayan Swandi, Alvin Raditya Sutopo. (2014). https://media.neliti.com/ media/publications/83430-ID-.perancangan-buku-cerita-ilustrasi-pembel.pdf

Sumanto Al Qurtuby. (2017). https://www.liputan6.com/news/read/3203062/meningkatkan-budaya-baca-dan-literasi-masyarakat-indonesia




DOI: https://doi.org/10.56873/jimk.v5i1.67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Copyright of Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi
Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta | Telepon: (0274) 561531, 562513 | Fax: (0274) 623537 | Email : multkom@mmtc.ac.id
e-ISSN 2541-2086 | p-ISSN 2776-0006

Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License