Penyutradaraan dalam Membangun Karakter Pemain Pada Drama Radio “Belenggu”

Aliya Kamaliya Nuridzdza, Ari Mintarti Murbaningsih

Abstract


Drama merupakan sebuah karya tiruan (memetic) yang menggambarkan kisah kehidupan manusia. Sebagai media hiburan, drama sering dipergunakan untuk menyampaikan pesan yang menginspirasi dan menyugesti audiensnya. Pada proses komunikasi, informasi dapat diterima oleh seseorang melalui indra visual sebanyak 80%, sedangkan bagi penyandang tunanetra yang hanya mengandalkan indera perabaan, penciuman, dan pendengaran, informasi yang dapat diterima sangat terbatas. Skripsi penciptaan karya produksi dengan judul Penyutradaraan Dalam Menbangun Karakter Pemain Pada Drama Radio “Belenggu” bertujuan menciptakan drama radio yang menghibur sekaligus menginspirasi pendengar melalui membangun karakter para pemainnya. Cara penyampaian materi pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) banyak menggunakan media audio pendidikan karakter disampaikan dalam bentuk cerita atau drama. Keadaan ini mendorong penulis untuk menciptakan drama radio dengan bentuk drama monolog dengan ditujukan untuk menambah materi pembelajaran para penyandang tunanetra, agar lebih terhibur sekaligus dapat memetik nilai dari cerita drama tersebut. Drama radio Belenggu menceritakan seorang gadis tunanetra yang tertutup dan murung, karena kekurangannya gadis tersebut diasingkan oleh orang tuanya. Penulis sebagai sutradara membentuk pemain untuk mendalami karakternya, sebagai tokoh yang melankolis dan berwatak introvert perasa. Proses pendalam karakter dari tokoh dengan menerapkan metode memberi isi (the technique of phrasing) yakni teknik menonjolkan pikiran dan perasaan, melalui kata, kelompok kata, atau kalimat yang diucapkan pemain. Melalui metode ini pendalaman karakter dapat tercermin dalam setiap dialog yang diucapkan pemain sehingga drama Belenggu, dapat membangun imajinasi pendengar seolah masuk ke dalam cerita yang dibawakan dan ikut merasakan apa yang dialami tokoh di dalam cerita.


Keywords


sutradara, drama radio, pendalaman karakter, tokoh tunanetra

Full Text:

PDF

References


Andam Sari, Putri. 2016. “Di Balik Sandiwara Program Geronimo FM : Manajemen Produksi Penyiaran Program Sandiwara Radio Kos-Kosan Gayam”. 1-6. Jurnal Komunikator.

Aziz, S. 2015. Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gava Media

Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Indriastuti, Faiza. 2015.“Efektifitas Media Pembelajaran Audio MelaluiCerita Pendidikan BerkarakterUntukTunanetraJenjang SMP”. 2-4. Jurnal Rehabilitasi dan Remediasi.

Iswantara, Nur. 2016. Drama: Teori dan PraktikSeni Peran. Yogyakarta: Media Kreativa

Jazim Hamidi, “Perlindungan Hukum terhadap Disabilitas dalam Memenuhi Hak Mendapatkan Pendidikan dan Pekerjaan”, JH Ius Quia Iustum, Volume 23, Issue 4, Oktober 2016, h. 654.

Lutters, Elizabeth. 2004. KunciSuksesMenulisSkenario. Jakarta: PT. Grasindo

Novi Pertiwi, Elza. 2016. “Efektivitas Penerapan Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Tulisan Awas Pada Anak Tunanetra Low Vision Kelas I SDLB di SLB A Yaketunis Yogyakarta”. 2-5. Jurnal Widia Orto didaktika.

Rahmawati, Indah, dan DodoyRusnandi. 2011. Berkarier di Dunia Broadcast Televisi,dan Radio. Bekasi: LaskarAksara

Rohmadi, Raheni Suhita, dan Sri Harsini. 2012. PengantarJurnalistik Radio danKepenyiaran. Yogyakarta: Media Perkasa

Saptaria, Rikrik El. 2006. Acting Handbook. Bandung: Rekayasa Sains

Satoto, Soediro. 2012. Analisis Drama dan TeaterJilid 2. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Wibowo, Fred. 2012. Teknik Produksi Program Radio Siaran. Yogyakarta: Grasia Book Publisher

Hidayat, Wihdan. 2016. “Raisa dan MaruliTampubolon Isi Suara Drama Radio ‘JatuhHati”. Republika.co.id. Diakses 12 April 2019 - pukul 01.00. https://www.republika.co.id/berita/senggang/blitz/16/01/20/o18yo4328-gen-fm-ungkap-drama-radio-masih-digemari-masyarakat.

Razi, Fachrul. 2018. “ManusiaPacaran Sama Robot? Cek Ceritanya di Drama Korea I’m Not a Robot”. Duniaku Network.Diakses pada 24 Juli 2019 – pukul 22.36. https://www.duniaku.net/2018/01/15/drama-korea-im-not-a-robot/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal Ilmiah Produksi Siaran

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2461-0844. ISSN Online: 2722-1121 (Mulai tahun 2020)

 

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com