Penyutradaraan Drama Radio “Fall in Love With My Teacher” di RRI Purwokerto

Joehananto Djoko Teguh Widodo

Abstract


Memproduksi sebuah drama radio dibutuhkan peran penting seorang sutradara dalam memimpin sebuah produksi dimulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Jabatan sutradara memegang tanggung jawab tertinggi terhadap aspek kreatif, baik bersifat penafsiran maupun teknik pada pembuatan drama radio. Sutradara diharapkan mampu menyampaikan pesan melalui akting pemain dengan menghidupkan karakter dalam cerita drama. Berdasarkan hal tersebut yang melandasi penulis mengangkat judul Penyutradaraan Drama Radio di RRI Purwokerto. Dengan menggunakan teori kajian tentang Drama dan penyutradaran, dengan metodologi penelitian mengunakan metode diskriptif dengan objek cara kerja penyutradaraan program drama Fall In Love With My Teachermulai dari tahap perencanaan program, produksi dan paska produksi. Berdasarkan data hasil penelitian apabila dilihat dari standar operating procedur (SOP) sutradara telah cukup lengkap melakukan proses tahapan produksinya . Perumusan karakter dalam praproduksi ini cukup rinci secara psikologis dan sosiologis meskipun sebenarnya masih biasa ditingkatkan lagi dengan melakukan gambaran karakter melalui sisi fisiologis sehingga penggambaran tokoh pada cerita ini jelas.


Keywords


drama, penyutradaraan, produksi acara

Full Text:

PDF

References


Almanshur, Fauzan dan Ghony, Djunaidi.2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT. Remaja Rodaskarya

Minichiello, V., Sullivan, G., Greenwood, K., & Axford, R. (Eds.). 1999. Handbook of Research Methods In Health Sciences. Melbourne: Addison Wesley Longman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal Ilmiah Produksi Siaran

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2461-0844. ISSN Online: 2722-1121 (Mulai tahun 2020)

 

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com