PENERAPAN KONVERGENSI MEDIA DI LPP TVRI NASIONAL JAKARTA

Aprilina Dwi Astuti

Abstract


Dalam industri media, konvergensi media merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari. Dengan konvergensi media akan membantu industri media dalam perluasan penyebaran informasi. Jika selama ini distribusi siaran televisi di LPP TVRI Nasional hanya dilakukan melalui jalur terestrial dan satelit, maka di era penyiaran digital jalur internet memegang peranan yang penting dalam mendistribusikan konten siaran televisi melalui bentuk live streaming di internet. Konvergensi teknologi juga telah menumbuhkan berbagai produk turunan yang juga digunakan dalam distribusi konten siaran televisi di LPP TVRI Nasional seperti OTT (Over the Top), VOD (Video On Demand), mobile apps, dan website. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis penerapan konvergensi media di TVRI Nasional meliputi regulasi yang diterapkan untuk pengelolaan konvergensi media, bentuk penerapan konvergensi media, evaluasi yang dilakukan dalam penerapan konvergensi media dan kelanjutan dari hasil evaluasi tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah Belum ada peraturan yang secara tegas mendasari penerapan konvergensi media di LPP TVRI Nasional Jakarta, Penerapan Konvergensi Media di LPP TVRI Nasional diwujudkan dengan menggunakan siaran berbasis multiplatform transmisi dilakukan melalui jalur terrestrial, satelit, kabel, dan internet. Live streaming ditransmisikan melalui website www.tvri.co.id/live, OTT (Over The Top) TVRI KLIK. Evaluasi penerapan konvergensi media dilakukan melalui evaluasi secara kinerja sistem dan evaluasi konten.

Keywords


konvergensi media, digital, internet

Full Text:

PDF

References


Abrar, A.N. (2003). Teknologi Komunikasi Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: LESFI.

Suwardi, E. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan Ideologi, Epistemologi dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

McMillan, J.H. (2004). Educational Research: Fundamentals for the Consumer, 4th Edition.Virginia: Virginia Commonwealth University.

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik. Penerbit: Ghalia Indonesia.

Preston, P. (2001). Reshaping Communications. California: Sage.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta: Gramedia.

Rogers, E.M. (1986). Communication Technology: The New Media in Society. New York: Free Press.

Straubhaar, J. & LaRose, R. (2008). Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology (5th Ed). CA: Thomson.

Straubhaar, J. & LaRose, R., & Davenport, L. (2013). Media Now: Understanding Media, Culture, Technology (6th Ed). USA: Wadsworth.

Sendjaja, S.D. (1996). Teknologi dan Industri Media Massa di Indonesia: Menuju Era Niching dan Networking.

Transformasi TVRI, Kebijakan LPP TVRI Tahun 2011 – 2016.

Hadi, I. P. (2009). Perkembangan Teknologi Komunikasi dalam Era Jurnalistik Modern. Jurnal Ilmiah Scriptura, 3(1), 69-84. Diakses dari academia.edu.

Resmadi, I. & Yuliar, S. (2014). Kajian Difusi Inovasi Konvergensi Media di Harian Pikiran Rakyat. Jurnal Sosioteknologi, 13(2). Diakses dari journals.itb.ac.id/index.php/sostek /article/view/1141.

Gumelar, R. G. (2013). Konvergensi Media Online. Jurnal of Comunication Science, 2(2), 6-14. Diakses dari e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/343/387

Siswanto. (2017). Efek Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Pada Media Cetak di Era Konvergensi Media. Jurnal PROSISKO 4(1), 21 – 25. Diakses dari ejurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/142

Julianti,D.M.(2012). Dinamika Digitalisasi dan Konvergensi Media Televisi di Indonesia. Ejurnal Observasi Kajian Komunikasi dan Informatika Digitalisasi dan Konvergensi Media, 10(2), 93-101. Diakses dari jurnal.kominfo.go.id/index.php/observasi/issue/view/35


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal Ilmiah Teknk Studio

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2460-9153. ISSN Online: 2722-3000 (Mulai Nomor 2 Tahun 2020)

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com