SISTEM INSTALASI ALAT KONTROL PERGERAKAN DAN INTENSITAS PERALATAN TATA CAHAYA STUDIO 3 METRO TV

Arya Tangkas

Abstract


Perkembangan teknologi yang memudahkan cara kerja sumber daya manusia di era digital saat ini menjadikan perubahan besar pada perangkat industri termasuk industri televisi yang mengubah teknologi peralatan penataan cahaya menggunakan prinsip kerja robot. Sebuah pengaturan penataan cahaya baik gerak dan intensitas keluaran tata cahaya yang diatur oleh mesin lewat koneksi bluetooth menggunakan perangkat komputer sehingga pengoperasian secara manual oleh manusia tidak dibutuhkan lagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem pengoperasian sistem instalasi alat kontrol pergerakan dan intensitas peralatan tata cahaya studio 3 Metro TV, pada instalasi dan kendala yang biasa dihadapi. Perkembangan teknologi sistem lighting effect ini sehingga lebih praktis dan efisien. Pengetahuan sistem instalasi alat kontrol pergerakan dan intensitas peralatan tata cahaya studio 3 Metro TV merupakan satu satunya yang menggunakan pergerakan robotic di stasiun televisi Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi kasus pada penerapan sistem instalasi alat kontrol pergerakan dan intensitas peralatan tata cahaya studio 3 Metro TV, peneliti mengobservasi, melakukan wawancara, dan studi pustaka. Kontribusi penelitian ini memberi pengetahuan dan kajian lanjutan tentang sistem instalasi alat kontrol pergerakan dan intensitas peralatan tata cahaya studio 3 Metro TV sehingga dapat diaplikasikan  secara kreatif pada program acara televisi baik program acara jurnalistik, entertainment, maupun dunia pendidikan.

Keywords


televisi, robotic, teknologi, multimedia, instalasi

Full Text:

PDF

References


Birn, J. (2014). Digital Lighting and Rendering, Third Edition. Indianapolis: New Riders.

Brown, B. (2008). Motion Picture and Video Lighting, Second Edition. Amsterdam: Elsevier.

Debevec, P. (2006). Virtual Cinematography: Relighting through Computation. IEEE Computer Society.

El-Nasr, M. M., Jones, R. E. T., & McNeese, M. (2004). A Scalable and Extensible Interactive Scenario Architecture for Distributed Command and Control Simulations. Semantic Scholar.

Peers, P. & Dutré, P. (2005). Inferring Reflection Functions from Wavelet Noise in Rendering Techniques. New York: CRC Press.

Schechner. (2006). Performance Studies Introduction Second Edition. London: Routledge.

Shoficw. (2014). Pencahayaan lighting. Diakses pada tanggal 10 november 2019 di http://www.authorstream.com/presentation/shoficw-1236065-pencahayaan-lighting/

Netw. (September 2014). Kabel audio. Diakses pada tanggal 21 desember 2019 di http://bustamsyah.blogspot.co.id/2014/09/menyolder-kabel-audio.html.

Netw. (n.d). Bluetooth. Diakses pada tanggal 17 November 2019 di https://id.wikipedia.org/wiki/bluetooth.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal Ilmiah Teknk Studio

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2460-9153. ISSN Online: 2722-3000 (Mulai Nomor 2 Tahun 2020)

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com