PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL DI TVRI SUMATERA SELATAN PADA ERA NEW MEDIA

Aprilina Dwi Astuti

Abstract


Kehadiran new media telah memperluas konsep penyiaran melalui jaringan internet sehingga menjadikan proses penyiaran bersifat interaktif.  Khalayak mempunyai kesempatan untuk melakukan interaksi dengan penyelenggara siaran  melalui berbagai macam platform media sosial. TVRI Sumatera Selatan sebagai salah satu stasiun televisi pemerintah telah memanfaatkan media sosial untuk menjalin komunikasi  dengan khalayak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan media sosial di TVRI Sumatera Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  media sosial di TVRI Sumatera Selatan dikelola berdasarkan Nota Dinas No. 208/II.5/TVRI/2019 perihal Penunjukan Petugas Pengelola Media Sosial. Pengelola melakukan pembaharuan konten setiap hari dengan rata-rata konten yang diposting berkisar 1 sampai dengan 4 konten. Konten yang diposting meliputi promo siaran dan agenda kegiatan yang dilakukan TVRI Sumatera Selatan.Tingkat Respon khalayak terhadap media social TVRI  Sumatra Selatan berupa like dan komentar pada akun media social periode bulan Agustus 2019 sangat rendah kurang dari 1 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa minat khalayak pengguna untuk melakukan interaksi melalui media sosial sangat rendah, hal ini berkaitan dengan konten-konten yang diunggah pada laman media sosial kurang menarik dan lebih fokus pada kegiatan-kegiatan seremonial yang dilakukan oleh jajaran manajemen yang kurang berkaitan dengan kepentingan khalayak. Rekomendasi hasil penelitian untuk TVRI Sumatera Selatan yaitu untuk melakukan perubahan pengelolaan media sosial   sebagai divisi tersendiri, sehingga para pengelola dapat berkonsentrasi penuh untuk menangani promo-promo siaran melalui akun media sosial.


Keywords


pengelolaan media sosial, TVRI Sumatera Selatan, era new media

Full Text:

PDF

References


A.J. Soehardjo. (2011). Pendidikan Seni. Malang: P3T Ikip Malang.

Creeber, G. and Martin, R., (ed)., 2009, Digital Cultures: Understanding New Media, Berkshire-England: Open University Press.

Dijk, Van. 2006. The Network Society. London: SAGE Publications.

Daryanto, kamus indonesia lengkap, (Surabaya : Apollo, 1997). 348

Erni Tisnawati Sule, Kurniwan Saefullah, pengantar manajemen, (Jakarta : Kencana Perdana Media Goup, 2009) .6

Joseph Straubhaar, Robert LaRose, Lucinda Davenport (2012),Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology -7/E.

Lister, Martin. (2003). New Media : A Critical Introduction. London: Routledge

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Lievrouw, L.A. (2011) Alternative and Activist New Media. Cambridge: Polity Press

Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik. Penerbit: Ghalia Indonesia.

Follet, Mary Parker. (1997) Defenition of Management http://www.blog.re.or.id/defenisi-manajemen.htm (diakses tanggal 25 Februari 2017)

Pavlik, J.V. dan McIntosh, S. (2013)Converging Media: A New Introduction to Mass Communication. New York: Oxford University Press.

Pichardo, N.A. (1997) “New Social Movement, A Critical Review” Annual Review of Sociology, 23, 411-430.

Ratu, Poundra Swasty. 2011. New Media, New Audience – New Media dan Kemunculan Spesies Baru Audien Surakarta: Lindu Pustaka.

Santosa, Hedi Pudjo. 2011. Implikasi Media Sosial pada Perkembangan Ilmu Komunikasi. Bab Buku Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom

Sunaryo. (2004) Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta, ECG

Simamora, Bilson. (2008) Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Van Dijck, J., & Poell, T. (2015). Making public television social? Public service broadcasting and the challenges of social media. Television and New Media, 16(2), 148–164. https://doi. org/10.1177/1527476414527136

Abdullah, A.,Puspitasari,L. (2018). Media Televisi di Era Internet. Jurnal Pro TVF , Jurnal Kajian Televisi dan Film, 2 (1), 101 - 110

Datubara, B, M., Irwansyah, (2019). Instagram TV: Konvergensi Penyiaran Digital dan Media Sosial, MediaTor, Jurnal Komunikasi, 12 (2), 251 – 263

Rachmat,I., S., Jemat, A. (2017), Penggunaan Media Sosial Youtube sebagai Audio -Visual Record Document Management: Studi Eksplorasi Aplikasi Petunjuk Perilaku Broadcastin, Standar Program Broadcast (P3 and SPS) ANTV di Program Televisi Pesbukers, e-ISSN 2442-5168, 3(1), Januari-Juni 2017

Wibisono, G.,(2017), Media Baru dan Nasionalisme Anak Muda: Pengaruh Penggunaan Media Sosial ‘Good News From Indonesia’ terhadap Perilaku Nasionalisme, Jurnal Studi Pemuda, 6 (2),

Joseph Straubhaar, Robert LaRose, Lucinda Davenport (2012),Media Now: Understanding Media, Culture, and Technology -7/E.

E-Book Gerakan #BijakBersosmed, 2017 https://www.instagram.com/p/BXmmwpCFJUD/?taken-by=bijakbersosmed


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal Ilmiah Teknk Studio

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2460-9153. ISSN Online: 2722-3000 (Mulai Nomor 2 Tahun 2020)

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com