Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media Online (Studi Kasus di detiknews.com Jakarta)

Nunuk Parwati, Aisyah Balqis Nur Zain

Abstract


Riset yang dilakukan oleh Google dan Temasek dengan judul “Economy SEA2018” menyebutkan Jumlah pengguna internet di Indonesia paling besar di Asia Tenggara. Meningkatnya jumlah pengguna internet tentu memberi peluang bagi para pengelola portal berita media online mengembangkan usahanya. Namun dalam mengelola portal berita media online tentu tidak mudah, bagaimana redaksi menjaga keakuratan berita dan kecepatan berita karena harus bersaing dengan portal berita online yang juga terus bertambah jumlahnya. Menurut data Asosiasi Media Siber Indonesia tahun 2018 jumlah media online di Indonesia mencapai 43.000. Sebagian media cetak juga bermigrasi ke media online seperti Koran Tribun di Solo Jawa Tengah sejak tahun 2016 telah mengembangkan media onine tribunSolo.com. Dalam situasi yang demikian redaksi media online dihadapkan pada masalah bagaimana harus tetap menjaga etika jurnalistik untuk mewujudkan jurnalis professional yang dapat menghasilkan berita yang dibutuhkan masyarakat. Walaupun demikian sebagai media online Detiknews.com juga tidak luput dari pengaduan masyarakat karena beritanya kurang tepat. Hal ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian di Detiknes.com untuk mengetahui bagaimana Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media Online. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis mengenai Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan berita Media Online Studi Kasus di Detiknews.com, yang dikaji dan dianalisa pada penelitian ini, maka dapat tergambarkan Strategi redaksi dalam Keakuratan dan Kecepatan berita yang dilakukan detiknews.com sesuai dengan tujuan penulis untuk mengetahui bagaimana Strategi Redaksi dalam menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita online di Detiknews.com dilaksanakan serta siapa saja yang bertanggung jawab di dalamnya.


Keywords


strategi redaksi, keakuratan dan kecepatan, media online

Full Text:

PDF

References


Buku:

Asep Syamsul M.Romly, 2014, Jurnalistik Online Panduan Praktis Mengelola media online, Bandung : Penerbit Nuansa Cendekia

Deddy Iskandar, 2005, Jurnalistik Televisi Menjadi reporter Profesional, Bandung , Remaja Rosdakarya

Engelbertus Wendratama, 2017, Jurnalisme Online, Yogyakarta, Bentan Pustaka

Fred Wibowo, 2007, Teknik Produksi Program Televisi, Jakarta : Penerbit Pinus Book Publisher

Fajar Juanaidi, 2014, Manajemen Media Massa, Teori Aplikasi dan Riset, Yogyakarta, Peberbit Litera

Kovach, Bill dan Tom Roentiel, 2001. Sembilan Elemen Jurnalisme, Apa yang Seharusnya Diketahui Wartawan dan Diharapkan Publik. New York: Crown Publishers.

Kusumaningrat, Hikmat dan Purnama Kusumaningrat, 2006.Jurnalistik, Teori dan Praktik.Bandung ,Pt Remaja Rosdakarya.

Morrisan.2008. Manajemen Media Penyiaran, Strategi Meneglola Radio & Televisi. Jakarta, Kencana

Nurudin, 2009, Jurnalisme Masa Kini. Jakarta , Rajawali Pers

Pamugkas Eneste, 2005, Buku Pintar Penyuntingan Naskah Edisi Kedua. Jakarta, Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Jurnal:

Gracie Lawson – Borders, Southern Methodist University, Dallas, USA, Integrating New Media dan Old Media : Seven Observation of Convergence as a Strategy for Best Practice in Media Organization.

Praptika Handayani, Anang Hermawan, Jurnal Komunikasi Vol 12, Nomor 1, Oktober 2017, Kredibilitas Portal Berita Online Dalam Pemberitaan Peristiwa Bom Sarinah Tahun 2016 (Analisis Isi Portal Berita Detik.com dan Kompas.com Periode 14 Januari – 14 Febuari 2016)

Skripsi:

Dyas Mulyani Benazir, Program Studi Jurnalistik, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2015, Kebijakan Redaksional Situs Berita Detikcom Pada Jejaring Sosial Twetter.

Amalia Khoirunnisa Syahida, Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 2018, Startegi Pemeberitaan TribunSolo.com dalam Menghadapi Persaingan Media Online.

Media Online:

detik.com : Profile Detik.com

htpps://www.kompasiana.com/fransisca – Jovinca : Kesalahan Penulisan dan Bahasa dalam Media Online

http://www.kompasiana.com/artyastiani; Kredibiltas Media Online dalam Akurasi Berita

https://www.liputan6.com/regional : Kronologi Kasus Kematian Yuyun di Tangan 14 ABG Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal Ilmiah Pemberitaan

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2460-6251.

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com