Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Pada @Celyne.Official

Authors

  • Deity Agnescya Nirwana Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta
  • Diana Khuntari Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.147

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Instagram, Célyne.

Abstract

Penggunaan media sosial semakin banyak digunakan, khususnya instagram. Fitur-fitur yang tersedia mendukung terjadinya kegiatan jual-beli. Hal ini membuat banyak online shop memanfaatkan instagram sebagai media komunikasi pemasaran, salah satunya @Celyne.official yang merupakan akun instagram dari Célyne. Célyne menggunakan instagram sebagai media komunikasi pemasaran utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran online yang dilakukan oleh @Celyne.official di instagram. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan konsep 4P Marketing Mix oleh Jerome McCarthy (1968) yaitu product, price, place, dan promotions. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fitur yang digunakan pada product adalah unggah foto, judul foto, dan hashtag yang bertujuan untuk menyebarkan informasi produk dari Célyne. Fitur yang digunakan pada price adalah instagram story dan highlight bertujuan menjadi katalog online dari Célyne. Fitur yang digunakan pada place adalah unggah foto, instagram story, highlights, dan insights yang bertujuan untuk mempermudah Célyne dalam melihat interest followers dan sebagai toko online. Dalam implementasi promotions menggunakan iklan, personal selling, direct selling, hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan influencer marketing. Fitur yang digunakan pada promotions adalah unggah foto, komentar, judul foto, instagram story, instagram ads, dan direct messages (DM). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa @Celyne.official telah mengoptimalkan fitur instagram dalam melakukan komunikasi pemasaran.

References

Brown, Duncan dan Nick Hayes. (2008). Influencer Marketing: Who Really Influences Your Customer? Britania Raya: Elsevier/Butterworth-Heinemann.

Diamond, Stephanie. (2015). The Visual Marketing Revolution 20 Kiat Sukses Pemasaran di Media Sosial. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Firmansyah, Anang. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Fitriah, Maria. (2018). Komunikasi Pemasaran melalui Desain Visual. Sleman: Deepublish.

Instagram. (2020). Bagaimana Cara Membagikan Foto atau Video ke Cerita Instagram Saya. Dipetik 2 Desember 2020 dari https://help.Instagram.com/1660923094227526/?helpref=hc_fnav&bc[0]=Bantuan%20Instagram&bc[1]=Menggunakan%20Instagram

Instagram. (2020). Bagaimana Cara Memulai Siaran Langsung di Instagram. Dipetik 2 Desember 2020 dari https://help.Instagram.com/-1660923094227526/?helpref=hc_fnav&bc[0]=Bantuan%20Instagram&bc[1]=Menggunakan%20Instagram

Instagram. (2020). Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Direct. Dipetik 2 Desember 2020 dari https://help.Instagram.com/-1750528395229662/?helpref=hc_fnav&bc[0]=Bantuan%20Instagram&bc[1]=Menggunakan%20Instagram

Kemp, Simon. (2021). Digital 2021: Indonesia. Dipetik 1 April 2021 dari https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Mursid, Fauziah. (2020). Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia Capai 175,5 Juta. Dipetik 16 Januari 2021 dari https://republika.co.id/¬berita/-qhgibx335/kominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-1755-juta-jiw

Nurhakki, Ahmad Sultra Rustan. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.

Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Pratama, Aditya Putra. (2018). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Online Hexaimages Surabaya. Jurnal Komunikasi Massa. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. 2018(1).

Putera, Andri Donnal. (2018). Jumlah Pembeli "Online" Indonesia Capai 11,9 Persen dari Populasi. Dipetik 1 Desember 2020 dari https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/07/164100326/jumlah-pembeli-¬¬-online-¬indonesia-capai-119-persen-dari-populasi

Sammis, K., Lincoln, C., & Pomponi, S. (2015). Influencer marketing for dummies. John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles