Pengaruh Kualitas Akun Twitter @Aeribase terhadap Kepuasan Pengguna
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v5i1.153Keywords:
Kualitas Media, Media Sosial, Twitter, Kepuasan Pengguna, Uses and GratificationsAbstract
Twitter merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang muncul dengan berbagai fitur. Twitter memungkinkan para pengguna untuk bertukar pesan dan pendapat secara bebas, berbagi foto dan video hingga membentuk jaringan komunitas. Penggunaan jejaring sosial Twitter juga tengah digandrungi di Indonesia, hal ini membuat para pengelola akun Twitter berkompetisi untuk meningkatkan kualitas akun Twitternya guna menarik minat pengguna lebih banyak lagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas akun Twitter @ aeribase berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan konsep MAIN (Modality, Agency, Interactivity dan Navigability) serta teori uses and gratifications. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut atau followers akun Twitter @aeribase yang tidak diketahui atau tak terhingga jumlahnya, sehingga pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling melalui kriteria tertentu, yaitu anggota sampel merupakan pengguna akun Twitter @aeribase. Jumlah anggota sampel sebanyak 96 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan peranti lunak SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan kualitas akun Twitter memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 73%, sedangkan sisanya 27% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.References
Ahmadi dan Hermawan. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.
Donald A Norman. (1999). Affordances, Conventions, and Design. New York: Associations for Computing Machinery Volume 6 Nomor 3.
Giese, Joan L. and Cote, Joseph A., (2002). Defining Customer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review Journal
No.1.
Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.
Maharani, Aprilia. (2019). Pengembangan Literasi Di Era Milenial. Klaten: Maharani Mediatama
Morissan. (2010). Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: Grasindo.
Rakhmat, Jalaludin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2008). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta
Siswanta. (2015). Informasi Kesehatan di Media Online. Surakarta: UNISRI
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sundar S.S. & Limperos, Anthony M. (2013). Uses and Gratifications 2.0: New Gratifications for New Media. Journal of Broadcasting & Electronic Media. Penn State University.
Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.
Zolkepli, Izzal Asnira and Yusniza Kamarulzaman. (2014). Social Media Adoption: The Role Of Media Needs And Innovation Characteristics. Retrieved from ScienceDirect.
Dokumen Elektronik
APJII. (2018). Laporan Survei: Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet
Indonesia Survei 2018. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Antara. (2018). Pengguna Twitter Indonesia Tumbuh Pesat di 2018.
Sumber: https://techno.okezone.com/read/2019/04/22/207/2046587/pengguna-twitter-indonesia-tumbuh-pesat-di-2018, diakses pada tanggal 10 Februari 2020
Kurnia, Tommy. (2018). 5 Negara dengan Jumlah Pengguna Media Sosial Terbanyak Indonesia Berapa?. Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/3481323/5
negara-dengan-jumlah-peng guna-mediasosial-terbanyak-indonesia-berapa,diakses pada tanggal 10 Februari 2020
Mohamad, Ardyan. (2013). Di 5 Media Sosial Ini, Orang Indonesia Pengguna Terbesar Sedunia. Sumber: https://www.merdeka.
com/uang/di 5-media-sosial-ini-orang indonesia-pengguna-terbesar-dunia.html,diakses pada tanggal 10 Februari 2020
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .