Fenomena Solidaritas Sosial Melalui Media Sosial Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Konser Musik #dirumahaja oleh Narasi TV)
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v6i1.179Keywords:
Social solidarity, social media, #dirumahaja, Covid-19Abstract
This research is motivated by various social solidarity actions both offline and online that happen a lot in the community during the Covid-19 pandemic. This qualitative research method aims to get an overview of the phenomenon of social solidarity through social media conducted by Narasi TV through the Music Concert #dirumahaja Fighting Corona Solidarity. The theory used is the theory of social capital which consists of trust, reciprocity, social interaction and elements of social media 4C those are context, communication, collaboration and connection. Primary data sources were gained through observations on Instagram @narasi.tv and interviews with 5 followers of @narasi.tv who took part in the #dirumahaja Corona Fighting Solidarity Music Concert and made donations. Meanwhile, secondary data sources were gained through questionnaires to 50 followers of @narasi.tv. The results show that trust, reciprocity and social interaction as well as elements of social media 4C context, communication, collaboration and connection play an important role in increasing social solidarity through social media. The use of verified social media accounts and trusted online donation platforms as well as the involvement of well-known figures and the right communication strategies have made the #dirumahaja Corona Fighting Solidarity Music Concert became the pioneer in social solidarity actions through live streaming music concerts on social media.
References
Fitriyah, Wafiatul. 2019. Solidaritas Sosial Bagi Generasi Millenial (Studi Pada Anggota Organisasi Ikatan Mahasiswa Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Ihsanullah, Mhd. (2016). Analisis Modal Sosial Pada Himpunan Pelajar Mahasiswa Pelalawan (Hipmawan) di Pekan Baru. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Politik. Vol. 3 (2): 1-15.
Kurniawan, Puguh. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Kompetensi. Vol. 11 (2): 217 - 225
Mahendra, Suka. 2015. Keterkaitan Modal Sosial Dengan Strategi Kelangsungan Usaha Pedagang Sektor Informal di Kawasan Waduk Mulur: Studi Kasus Pada Pedagang Sektor Informal di Kawasan Waduk Mulur Kelurahan Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo). Jurnal Analisa Sosiologi April 2015, 3(2): 1-16
Napoleoncat. 2020. Instagram Users in Indonesia. Terarsip dalam (https://napoleoncat.com). Diakses pada 15 Juni 2020 pukul 04.41 WIB
Narasi.tv. Penyerahan Donasi Tahap 1 Konser Musik Dirumah Aja. Terarsip dalam (https://www.narasi.tv). Diakses pada 8 April 2020 pukul 07.10 WIB
Solis, Brian. 2010. Engage. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Sugiyono & Lestari. 2021. Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: Alfabeta
Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1566720/2-tahun-pandemi-covid-19-ringkasan-perjalanan-wabah-corona-di-indonesia diakses tanggal 1 Februari 2022 terarsip dalam (https://www.cnnindonesia.com). Diakses pada 7 April 2020 pukul 20.59
www.kitabisa.com diakses pada 2 Juni 2020
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .