Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Aplikasi Jogja Smart Services (JSS) Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Masyarakat Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v8i1.333Keywords:
system quality, information quality, users satisfaction, JSSAbstract
The use of information technology in providing public services in the advanced digital era is very important. The public service that uses it is Jogja Smart Service (JSS). Even though JSS has a high rating on the Google Play Store, namely 4.9/5.0, there are still user complaints. This research intends to determine the influence of system quality and information quality of the JSS application on user satisfaction in the people of Yogyakarta city. This research uses a quantitative approach by collecting data through questionnaires. Data analysis was carried out using various types of tests such as validity, reliability, classical assumptions, multiple regression, correlation coefficient, coefficient of determination, t, and f with the SPSS 25 program. Research results show that system quality and information quality partially or simultaneously have a significant positive influence on user satisfaction was 41.4%, while the remaining 58.6% was influenced by other factors. Descriptive analysis finds indicators with the lowest scores on each variable. In terms of system quality, the security indicator gets a score of 83.5%. Furthermore, in the information quality variable, the consistency indicator recorded a score of 78.75%. Next, in the user satisfaction variable, the indicator of confirmation of expectations regarding systems and information achieved a score of 77.5%.
References
Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37-52.
Buana, I. B. G. M., & Wirawati, N. G. P. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(1), 683-713.
Diskominfo. (2018). JSS, Satu Aplikasi Berisi Banyak Layanan di Kota Yogyakarta. Dipetik 13 Oktober 2023 dari https://republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/06/11/¬pa5lk1399-jss-satu-aplikasi-berisi-banyak-layanan-di-kota-yogyakarta.
Fatihudin, D. & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.
Hendrawan, M. R. & Putra, P. (2022). Integrasi Manajemen Pengetahuan dan Literasi Informasi: Pendekatan Konsep dan Praktik. Malang: UB Press.
Hidayatullah, S., Prasetya, D. A., Purnomo, D. A., & Rachmawati, I. K. (2022). Hot Fit Model Pengembangan Sistem Informasi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
JSS. (2023). Fitur Aplikasi: Menu layanan. Dipetik 22 Agustus 2023 dari https://jss.jogjakota.go.id/v5/panduan
Kominfo. (2021). Optimalkan Penggunaan Teknologi untuk Tingkatkan Pelayanan Publik. Dipetik 13 Oktober 2023 dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/¬38139/optimalkan-penggunaan-teknologi-untuk-tingkatkan-pelayanan-publik/0/berita
Kota Yogyakarta. (2017). Peraturan Daerah (PERDA) Kota Yogyakarta Nomor 11 Tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Yogyakarta: DPRD Yogyakarta
Maryana, F., Ridhawati, R., & Astuti, R. E. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Survei Pada Pengguna Jasa Pengguna Sistem Aplikasi Inaportnet Yang Terdaftar di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin). Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 162-179.
Mujayaroh, Rokhmah, N., Nurkhisom, Julaeha, S., Triyanto, A., Juwariah. (2021). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Buku II. Purwokerto: Zahira Media Publisher.
Pemprov Lampung. (2021). Galakkan Pemanfaatan TIK Di Bidang Pemerintahan, Pemprov Lampung Gelar Rakor Bersama Kabupaten/Kota. Dipetik 13 Oktober 2023 dari https://lampungprov.go.id/detail-post/galakkan-pemanfaatan-tik-di-bidang-pemerintahan-pemprov-lampung-gelar-rakor-bersama-kabupaten-kota
PPID Kota Yogyakarta. (2023). Data Pengguna Aplikasi JSS dan Pengguna JSS yang Merupakan Warga Kota Yogyakarta.
Prayanthi, I., Lompoliu, E., & Langkedeng, R. D. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Klabat Accounting Review, 1(2), 1-11.
Presiden RI. (2018). Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Jakarta: Sekretariat Negara.
Presiden RI. (2003). Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Jakarta: Sekretariat Negara.
Rachmat, Z., Jauhar, N, Januardani, F. D., Warpindyastuti, L. D., Sudirjo, F., Fauzan, R. (2023). Strategi Pemasaran. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Riyanto, S. & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif: Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Rusdiana, H. A. (2018). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Konsep, Prinsip dan Aplikasi. Bandung: Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Setiawan, A., Sudirman, I. & Helmi, N. (2022). Strategi Efektivitas Implementasi Sistem Informasi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Informasi Di Perguruan Tinggi. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Tohardi, A. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Elex Media Komputido.
Utama, A. Y. P., Putra, I. B. U., & Amerta, I. M. S. (2021). Keterbukaan Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing†Goodwillâ€, 12(1), 1-15.
We Are Social. Digital 2023: Indonesia. Diakses 22 Agustus 2023 dari https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/
Yuswardi, Prabowo, I. A., Alfiah, A., Sitopu, J. W., Putra, T. A.K., Aulia, A. P. (2022). Pengantar Teknologi Informasi. Padang: Global Eksekutif Teknologi.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .