STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS LPP TVRI JAKARTA DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN KARYAWAN (EMPLOYEE RELATION)
Abstract
TVRI Pusat Jakarta beroperasi dengan sumber daya yang bermodalkan manusia yang membutuhkan pembinaan employee relationship sebagai upaya lembaga dalam mempertahankan eksistensinya dalam persaingan lembaga penyiaran yang semakin ketat dan beragam. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi internal Humas LPP TVRI Jakarta dalam menjalin employee relation tatkala lembaga TVRI Jakarta menghadapi permasalahan terkait dengan hubungan interpersonal dalam organisasi yang berdampak terhadap produktivitas dan kreativitas program produksi di TVRI Jakarta. Penelitian ini dilakukan di TVRI Jakarta khususnya di Divisi Humas dan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal dalam pembinaan employee relation yang dilakukan oleh TVRI Jakarta dipengaruhi oleh budaya organisasi, praktik, dan kebijakan yang berlaku. Strategi komunikasi internal diimplementasikan dengan cara heart to heart menyampaikan pesan untuk menanamkan kesadaran dan mengarahkan cara berpikir atau bersikap karyawan. Perwujudan dari strategi komunikasi internal Humas TVRI Jakarta adalah melalui taktik komunikasi internal dengan cara penghargaan, empati, dan pendekatan personal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, A. (1994). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: CV. Armico.
Broom & Dozier. (1989). Using Research in Public Relations. New Jersey: Practice Hall.
Effendy, O. U. (1981). Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jefkins, F. (2003). Public relations (Cetakan Kelima). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kasali, R. (1994). Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Ruslan, R. (2005a). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2005b). Manajeman Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Sitepu, E. S. & Faulina. (2011). Profesional Public Relations. Medan: USU Press.
Agozzino, A. (2015). Dialogic Communication Through "Pinning": An Analysis of Top 10 Most-Followed Organizations’
Pinterest Profiles. Public Relations J o u r n a l , 9 ( 3 ) . w w w . p r s a . o r g / Intelligence/ PRJournal/Vol9/No3/
Steyn, B. (2004). From Strategy to Corporate Communication Str ategy:A Conceptualization. Journal of Communication Management. 8(2), 168-183.
Dozier, D.M., & Broom, G.M. (1995). Evolution of the Manager Role in Public Relations Practice. Journal of Public Relations
Research, 7, 3-26.
Daradirek. (1995). Applying Broom’s Scaleto Thai Public Relations Practitioner. Journal of Public Relations Review, 21(4).
DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v2i1.39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857
Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537
Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id