STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS LPP TVRI JAKARTA DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN KARYAWAN (EMPLOYEE RELATION)
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v2i1.39Keywords:
strategi komunikasi, humas, employee relationAbstract
TVRI Pusat Jakarta beroperasi dengan sumber daya yang bermodalkan manusia yang membutuhkan pembinaan employee relationship sebagai upaya lembaga dalam mempertahankan eksistensinya dalam persaingan lembaga penyiaran yang semakin ketat dan beragam. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi internal Humas LPP TVRI Jakarta dalam menjalin employee relation tatkala lembaga TVRI Jakarta menghadapi permasalahan terkait dengan hubungan interpersonal dalam organisasi yang berdampak terhadap produktivitas dan kreativitas program produksi di TVRI Jakarta. Penelitian ini dilakukan di TVRI Jakarta khususnya di Divisi Humas dan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi internal dalam pembinaan employee relation yang dilakukan oleh TVRI Jakarta dipengaruhi oleh budaya organisasi, praktik, dan kebijakan yang berlaku. Strategi komunikasi internal diimplementasikan dengan cara heart to heart menyampaikan pesan untuk menanamkan kesadaran dan mengarahkan cara berpikir atau bersikap karyawan. Perwujudan dari strategi komunikasi internal Humas TVRI Jakarta adalah melalui taktik komunikasi internal dengan cara penghargaan, empati, dan pendekatan personal.Â
References
Arifin, A. (1994). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: CV. Armico.
Broom & Dozier. (1989). Using Research in Public Relations. New Jersey: Practice Hall.
Effendy, O. U. (1981). Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jefkins, F. (2003). Public relations (Cetakan Kelima). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kasali, R. (1994). Manajemen Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Ruslan, R. (2005a). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ruslan, R. (2005b). Manajeman Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Sitepu, E. S. & Faulina. (2011). Profesional Public Relations. Medan: USU Press.
Agozzino, A. (2015). Dialogic Communication Through "Pinning": An Analysis of Top 10 Most-Followed Organizations’
Pinterest Profiles. Public Relations J o u r n a l , 9 ( 3 ) . w w w . p r s a . o r g / Intelligence/ PRJournal/Vol9/No3/
Steyn, B. (2004). From Strategy to Corporate Communication Str ategy:A Conceptualization. Journal of Communication Management. 8(2), 168-183.
Dozier, D.M., & Broom, G.M. (1995). Evolution of the Manager Role in Public Relations Practice. Journal of Public Relations
Research, 7, 3-26.
Daradirek. (1995). Applying Broom’s Scaleto Thai Public Relations Practitioner. Journal of Public Relations Review, 21(4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .