ANJANGSANA SEBAGAI STRATEGI MELAKSANAKAN CSR DI PT. TIRTAINVESTAMA AQUA KLATEN
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v1i1.42Keywords:
anjangsana, public relation, CSR, PT. Tirtainvestama Aqua- KlatenAbstract
Dewasa ini kelangsungan hidup sebuah korporat cenderung ditentukan oleh faktor-faktor Profit, People, Planet and Procedure (4P). Sehingga hidup matinya sebuah korporat juga ditentukan oleh adanya hubungan baik antara korporat dengan masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations (PR) PT. Tirtainvestama (PT.TIV) Aqua Klaten dalam melaksanakan
program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melakukan Anjangsana untuk mengeliminasi atau meniadakan tindakan demo dengan berbagai persoalan masing-masing elemen masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti melakukan
observasi partisipasi dan wawancara mendalam dengan dua orang narasumber sebagai subjek penelitian. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa masa krisis yang ditimbulkan oleh berbagai demo di perusahaan ini terkait dengan masalah konservasi, pertanian, air bersih, dan sanitasi lingkungan, perbaikan jalan, perizinan produksi, maupun kepentingan bisnis. Krisis ini dapat diselesaikan atau diredam dengan kegiatan Anjangsana oleh PR perusahaan. Dengan melakukan kegiatan Anjangsana, PR dapat melakukan komunikasi empatik dan prinsip kesetaraan dengan warga masyarakat terdampak. Sehingga dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program-program CSR yang meliputi 6 (enam) program dari 13 (tiga belas) program dapat terlaksana di perusahaan dengan baik. Hal ini berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, bahwa program-program CSR-nya sangat membantu masyarakat, baiksecara sosial, ekonomi bahkan kelestarian lingkungan alam.
References
Aqua Danone. 2015. Blue Print Book Year PT. TIVAqua Danone Tahun 2015. Klaten: PT. TIVAqua Danone.
DeVito, Joseph A. 1997. Komunikasi antar manusia, Edisi 5. Jakarta: Profesionial Book.
Effendy, Onong U. 2004. Human Relations dan Public Relations dalam Management.
Bandung: Mandar Maju.
lriantara, Vosal. 2004. Comunity Relations, Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Simbiosa
Rekatama Media.
Jefkin, F.1995. Public Relations. Jakara : Erlangga.
Liliweri, Alo. 2002. Gatra-gatra Komunikasi Antarbudaya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Ludlow, Ron. dan Panton, Fergus.1992. The Essence of Effective Communication, Alih Bahasa Soecipto Raharjo. Yogyakarta:
ANDI.
Smith, Ronald D. 2005. Strategy Planning For Public Relations. USA: Lawrence Erlbaum.
Suharto, Edi. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan
Pekerjaan Sosial). Bandung: PT Refika Aditama.
Suryadi, A. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Menyongsong Masa Depan Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Paskasarjana, UPI, Vol.3 No.1 Oktober.
Sutaryo, 2005. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.
Internet:
lskandar, Yoni. 20 Agustus 2014. Ratusan Warga Demo Pabrik Aqua Klaten, Jalan Rusak. http://www.tribu n news.com/ regiona 1/201 4/08/20/ratu sa n-wa rga-d emo-pa bri kaqua-klaten-jalan-rusak
Liputan 6. 12 Des 2012. VIDEO: Debit Air Berkurang, Warga Klaten Demo Pabrik Aqua. http://news.liputan6.com/read/
/video-debit-air-berkurang-wargaklaten-demo-pabrik-aqua
Sunaryo, Arie. 6 September 2014. Warga Klaten Demo Pabrik Aqua Menuntut Perbaikan Jalan. https://www.merdeka.com/
pe ristiwa/wa rga-klaten-demo-pabrikaqua-menuntut-perbaikan-jalan.html
Yogasuria, Ermina. (3 November 2015}. Metode
Penyuluhan Pertanian. Diakses pada http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/947-
metode-penyuluhan-pertanian
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .