IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MEMPERKUAT BRAND SWARAGAMA GROUP YOGYAKARTA
Abstract
Perkembangan media baru menyebabkan jumlah pendengar radio semakin menurun setiap tahunnya. Penurunan jumlah pendengar serta banyaknya jumlah stasiun radio saat ini membuat perusahaan radio siaran menyusun strategi komunikasi pemasaran terintegrasi untuk mempertahankan pendengarnya. Penelitian studi kasus ini mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi komunikasi pemasaran terintegrasi {IMC} Swaragama Group dalam memperkuat brand sebagai "top of mind'' radio di Yogyakarta. Saat ini Swaragama Group memiliki enam unit usaha yaitu Swaragama FM, JogjaFamily, PBS FM Serang, MyMagz, Swaragama Training Center (STC), dan Swaragama Production (SPro!). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi IMC yang digunakan Swaragama Group adalah periklanan, promosi penjualan, acara (event), humas, penjualan personal, pemasaran langsung, dan
pemasaran interaktif (internet marketing). Penerapan ketujuh saluran komunikasi pemasaran terintegrasi tersebut dinilai berhasil memperkuatbrand Swaragama Group.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Belch, George E., Michael A. Belch. 2001. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective.
Fourth Edition. Bosto: McGraw Hill
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
http://gamamulti.com diakses tanggal 3 juni 2017
http:ljkpi.go.id diakses tanggal 9 Agustus 2017
http://mymagz.net diaksestanggal 3Juni 2017
http:ljnielsen.com diakses tanggal 9 Agustus 2017
http:ljswaragama.com diakses tanggal 3 Juni 2017
http:ljswaragamafm.com diakses tanggal 18 Juni 2017
Kotler, Philip & Keller, Kevin L. (2006). Manajemen Pemasaran edisi ke-12jilid ke-1.Jakarta: PT. Indeks.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta:
Universitas Indonesia Press.
Natoradjo, Sulyus. 2011. Event Organizer: Dasar Dasar Event Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Romli, Asep Syamsul M. 2004. Broadcast Journalism: Panduan Menjadi Penyiar, Reporter, dan Scriptwriter. Bandung: Penerbit Nuansa.
Shimp, Terence, A., 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, Fandy et.al. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Yin, Robert, K. 2013. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v1i1.47
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857
Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537
Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id