IMPLEMENTASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DALAM MEMPERKUAT BRAND SWARAGAMA GROUP YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v1i1.47Keywords:
integrated marketing communication (IMC), brand, radio, SwaragamaAbstract
Perkembangan media baru menyebabkan jumlah pendengar radio semakin menurun setiap tahunnya. Penurunan jumlah pendengar serta banyaknya jumlah stasiun radio saat ini membuat perusahaan radio siaran menyusun strategi komunikasi pemasaran terintegrasi untuk mempertahankan pendengarnya. Penelitian studi kasus ini mendeskripsikan bagaimana implementasi strategi komunikasi pemasaran terintegrasi {IMC} Swaragama Group dalam memperkuat brand sebagai "top of mind'' radio di Yogyakarta. Saat ini Swaragama Group memiliki enam unit usaha yaitu Swaragama FM, JogjaFamily, PBS FM Serang, MyMagz, Swaragama Training Center (STC), dan Swaragama Production (SPro!). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi IMC yang digunakan Swaragama Group adalah periklanan, promosi penjualan, acara (event), humas, penjualan personal, pemasaran langsung, dan
pemasaran interaktif (internet marketing). Penerapan ketujuh saluran komunikasi pemasaran terintegrasi tersebut dinilai berhasil memperkuatbrand Swaragama Group.
References
Belch, George E., Michael A. Belch. 2001. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective.
Fourth Edition. Bosto: McGraw Hill
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
http://gamamulti.com diakses tanggal 3 juni 2017
http:ljkpi.go.id diakses tanggal 9 Agustus 2017
http://mymagz.net diaksestanggal 3Juni 2017
http:ljnielsen.com diakses tanggal 9 Agustus 2017
http:ljswaragama.com diakses tanggal 3 Juni 2017
http:ljswaragamafm.com diakses tanggal 18 Juni 2017
Kotler, Philip & Keller, Kevin L. (2006). Manajemen Pemasaran edisi ke-12jilid ke-1.Jakarta: PT. Indeks.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta:
Universitas Indonesia Press.
Natoradjo, Sulyus. 2011. Event Organizer: Dasar Dasar Event Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Romli, Asep Syamsul M. 2004. Broadcast Journalism: Panduan Menjadi Penyiar, Reporter, dan Scriptwriter. Bandung: Penerbit Nuansa.
Shimp, Terence, A., 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono, Fandy et.al. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Yin, Robert, K. 2013. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .