PROGRAM KEMITRAAN SEBAGAI IMPLEMENTASI CSR PT INDUSTRI KERETA API (PERSERO) (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF INDUSTRI BATIK MURNI DI KELURAHAN ORO-ORO OMBO, KECAMATAN KARTOHARJO, KOTA MADIUN)
Abstract
Program kemitraan PT INKA (Persero) didasarkan pada suatu komitmen PT INKA
(Persero) mengenai kepedulian kepada usaha kecil yang ada di sekitar lokasi perusahaan PT INKA (Persero). Industri Batik Murni merupakan salah satu usaha kecil di kota Madiun yang mempunyai hambatan baik dari segi permodalan, pemasaran, dan manajemen pembukuan usaha. Melalui program kemitraan PT INKA (Persero), industri Batik Murni mengajukan diri sebagai mitra binaannya. Penelitian ini fokus pada program kemitraan PT INKA (Persero) dalam mengembangkan usaha industri Batik Murni sebagai tanggung jawab perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah pelaksanaan program kemitraan PT INKA (Persero) dan subjek penelitian adalah salah satu mitra binaan PT INKA (Persero), yaitu industri Batik Murni. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman (1984) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa program kemitraan PT INKA (Persero) sebagai implementasi CSR PT INKA (Persero). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program kemitraan PT INKA (Persero) merupakan CSR PT INKA (Persero) jika dilihat dari 8 indikator CSR yaitu: 1) leadership (kepemimpinan), 2) proporsi bantuan, 3) transparansi dan akuntabilitas, 4) cakupan wilayah, 5) mekanisme monitoring 6) pelibatan stakeholder, 7) keberlanjutan, dan 8) hasil nyata. Adapun kategori CSR PT INKA (Persero) melalui program kemitraan berada pada tataran legal responsibility (tanggung jawab hukum).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiwastra. Pameran Adiwastra Nusantara. Diakses pada 19 Mei 2017 melalui www.adiwastra.co.id.
Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana.
Carroll, A. B. (1999). Corporate Social Responsibility: Evaluation of a Definitional Construct. Business & Society, Vol. 38 No. 3, pp. 268-295, Sage Publication, Inc.
Hadi, N. (2014). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
PT INKA (Persero). Rangkaian Kegiatan 35 Tahun INKA Berkarya Untuk Negeri. Diakses pada 19 Mei 2017 melalui Instagram @pt_inka.
Kartini, D. (2009). Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainabiliy Management dan Implementasinya di Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kementerian BUMN Republik Indonesia. Dukung Ekonomi Kreatif, Mitra Binaan PT INKA (Persero) Pamerkan Produk Batiknya. Diakses pada tanggal 18 Mei melalui www.bumn.go.id.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertasi Contoh Praktis Riset Media, Public Relations. Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Laporan Tahunan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Industri Kereta Api (Persero) Tahun 2016.
Lako, A. (2011). Dekontruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
Mardikanto, T. (2014). CSR Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.
Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nursahid, F. (2006). Tanggung Jawab Sosial BUMN: Model Kedermawanan Sosial PT Krakatau Steel, PT Pertamina, dan PT
Telekomunikasi Indonesia. Depok: Piramedia.
Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.
PT Industri Kereta Api (Persero). Dukung Ekonomi Kreatif, Mitra Binaan PT INKA (Persero) Pamerkan Produk Batiknya. Diakses pada tanggal 18 Mei 2017 melalui www.inka.co.id.
Rachman, N. M., Efendi, A., & Wicaksana, E. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.
Rahman, R. (2009). Corporate Social Responsibility antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta: Media Pressindo.
Riyanto, A. (2011). PKBL Ragam Derma Sosial BUMN. Jakarta: Banana Publisher.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharto, E. (2007). Pekerjaan Sosial di Dunia Industri: Memperkuat Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Sosial
Responsibility). Bandung: Refika Aditama.
Sutedi, A. (2015). Buku Pintar Hukum Perseroan Terbatas. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah.
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
Yasin, M. (2012). Membangun Organisasi Berbudaya Studi BUMN. Jakarta: PT. Mizan Republika.
DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v2i1.48
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857
Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537
Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id