Media Strategi Geopark Maros Pangkep Dalam Upaya Meraih Predikat Unesco Global Geopark

Authors

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimik.v9i1.494

Keywords:

Komunikasi, Media Strategi, Geopark Maros Pangkep

Abstract

Pencapaian Geopark Maros Pangkep ( GMP) sebagai Unesco Global Geopark ( UGG) patut diapresiasi. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran media sebagai alat komunikasi, sosialisasi dan pembentukan opini publik. Strategi media dibutuhkan untuk pencapaian kesuksesan program melalui pemanfaatan yang efektif dan efisien. Pola strategi media yang dilakukan oleh GMP penting diteliti sebagai upaya mendapatkan pola baru pemanfatan media dalam penapaian tujuan organisasi serta upaya brading dan menaikkan reputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi media yang dilakukan GMP dalam upaya pemenangan UGG dengan metode kualitatif diskriptif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi serta studi dokumen yang diolah dan dilakukan validasi melalui triangulasi data. Hasil dari penelitian ini merupakan model strategi media yang dilakukan GMP dalam upaya mencapai UGG. Model ini dapat diterapkan dan dimodifikasi untuk kepentingan berbagai organisasi atau upaya pemenangan berbagai kompetisi dalam upaya mendapatkan reputasi dan menaikkan citra.

References

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata Tourism Communication Pemasaran dan Brand Destinasi, Jakarta Prenadamedia Group

Effendy, O,U(2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kotler, P and Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New York: Prentice Hall.

Moeleong, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya

Daymon Chirsin & Hollowey Immy. 2002. Qualitative Research Methode in Public Relation and Marketing Communication, London: Routledge

Dedy Irfan ( 2023) Personal Onterview

Fill, Christ & Trunbull Sarah. 2016. Marketting Communication, Hearlow UK: Pearson Education Limited

George & Michael Belch. 2009. Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: Mc Graw Hill International

Gobe, Marc. 2005. Emotional branding. Paradigma baru menghubungkan merk dengan pelanggan. Jakarta Erlangga

Hermanto, Y. B., & Tresyanto, C. A. (2021). Strategi pemilihan media sebagai sarana komunikasi pemasaran pada wisata kota surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(4), 361-371. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i4.3893

Jaiz.M. 2014. Dasar Dasar Periklanan. Yogyakarta ; Graha Ilmu

Kottler, Philips. 2016. Marketing For Hospitality and Tourism, United Stated: Pearson Education

Moretti Aurora. 2016. Tourism Marketing, United Stated: Willford Press

Morisan, M.A.2010. Periklanan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup

Nur Alam. 2021. Strategi Pemasaran PAriwisata Kabupaten Bulukumba Melalui Media Sosial. Jurnal Kominfo. Vol 1 No 3 Tahun 2021 Hal 159-167

Prawibowo Denny, Purnamasari Oktaviana. ( 2018). Strategi Kementerian Pariwisata Dalam Branding Wonderful Indonesia Melalui Media Sosial. Jurnal Perspektif Vol 1 No 2 Tahun 2018 Halaman 1 – 13

Yahya, Arief. 2018.Paradox Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Yuristiadhi Ghifari, Makhasi Masyahari ( 2017). Strategi Branding PAriwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. Ettisal Journal Komunikasi Vol 2 No 02 Tahun 2017 Halaman 31- 41 DOI: http://dx.doi.org/10.21111/ettisal.v2i2.1265

The Jakarta Post , 4 September 2017. Indonesian Tourism Growth Tops Malaysia , Singapore , Thailand Acses On 15 Mei 2022

The Telegraph. September 2017. Indonesia is in top 20 Fastest growing travel destination in the world Access on 15 Mei 2022

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles