Kontribusi Televisi Lokal dalam Mempromosikan Destinasi Wisata di Kota Yogyakarta
Abstract
Peran media televisi dalam menginformasikan perkembangan pariwisata sangat dibutuhkan agar publik luas mengetahui dan berpartisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi televisi lokal terhadap good governance di lingkungan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta sebagai institusi pemerintah Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara mendalam (indepth interview), studi dokumentasi, dan studi literatur. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran televisi lokal yaitu TVRI Jogja, Jogja TV dan ADTV dalam pembangunan wisata di Kota Yogyakarta sejalan dengan fungsi media massa yaitu mempromosikan destinasi wisata, memberitakan pengelolaan destinasi wisata, dan memberitakan atraksi wisata. Kontribusi media televisi lokal dalam mewujudkan good governance di lingkungan Dinas Pariwisata dalam Pembangunan Wisata di Kota Yogyakarta meliputi: (1) menggerakkan partisipasi (participation) masyarakat dalam pengembangan wisata, (2) mewujudkan tranparansi (transparency), (3) mewujudkan daya tanggap (responsiveness), (4) mewujudkan akuntabilitas (accountability), dan (5) memasyarakatkan visi strategis (strategic vision).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashraf, P., (2014), The Role of Media in Good Governance: Paid News Culture of Media and the Challenges to Indian Democracy. International Research Journal of Social Sciences, Vol. 3(3), Mart, 41-43.
DeVito, J.A. (1997). Komunikasi antar manusia: kuliah dasar. (Terjemahan Maulana, A.). Jakarta: Profesional Books (Buku asli diterbitkan tahun 1996).
Dirgahayu, D., & Sunarsi, R., (2017). Kontribusi Media Televisi Lokal dalam Menyosialisasikan Program Revolusi Mental, Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 20 No. 2, Desember 2017: 175-188.
Iswahyudi, A., Triyuwono, A., & Achsin, M., (2016). Hubungan Pemahaman Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, Value For Money Dan Good Governance (Studi Empiris pada SKPD di Kabupaten Lumajang), Jurnal Ilmiah Akuntansi, Vol. 1, No. 2, hal: 151-166, Desember 2016.
Listyaningsih. (2014). Administrasi Pembangunan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mudrajad, K. (2003). Metodologi Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta:Penerbit Erlangga.
Laporan Kegiatan Promosi Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Kendal (2014).
Moeloeng. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Penerbit: Remaja Rosdakarya.
Pitana, I Gede & Putu G. Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ratnaningsih, L.N.G. & Mahagangga, I.G.A.O. (2015). Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pariwisata (Studi Kasus Di Desa Wisata Belimbing, Tabanan, Bali). Jurnal Destinasi Pariwisata, 3(1), 45 -51.
Singgalen, Y.A., Wiloso, P.G., & Sasongko, G., (2017), Evaluation of the Implementation of Tourism Policy, JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), Vol.21 (1), May, 76-98.
Sjafii, A., & Pratiwi, N.M.A., 2017. Kebijakan Pengembangan Pariwisata Daerah, Prosiding Seminar 20-21 Oktober 2017, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo – Indonesia, 333-344.
Widiyanti, A. (2017). Implementation of Local Participation as Part of Good Governance Principles: Galengdowo Village Wonosalam Sub-District, Jombang. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 19, No. 2, November 2017, 59-66.
Widyawati, C. Peranan Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Wisata Heritage di Trowulan. Jurnal Pariwisata, Vol. 5 No. 2 September 2018, 83-94.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright of Jurnal Ilmiah Produksi Siaran
Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
ISSN Print: 2461-0844. ISSN Online: 2722-1121 (Mulai tahun 2020)
Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537
Email: tri.anggraeni@gmail.com