Strategi Produksi Program “Sugeng Enjang Sedulur” di TVRI Stasiun Jawa Tengah

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Dalam produksi acara televisi ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu : pre-production planning; setup and rehearsal; production; dan post production, atau dalam dunia broadcasting disebut dengan Standard Operating Procedure  (SOP). TVRI Jawa Tengah memiliki banyak program live production dengan perpaduan antara format musik dan format talk show, salah satunya yaitu “Sugeng Enjang Sedulur”. Dalam produksi program tersebut, TVRI Jawa Tengah memperhatikan SOP untuk dapat menghasilkan acara yang berkualitas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi produksi program “Sugeng Enjang Sedulur” di TVRI Stasiun Jawa Tengah. Program tersebut memiliki banyak pemirsa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa unggahan di media sosial instagram dan youtube. Metode penelitian yang digunakan analisis kualitatif. Data kualitatif yang digunakan adalah jawaban dari responden tentang pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tahapan produksi program “Sugeng Enjang Sedulur”  sesuai tahapan produksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Program televisi Sugeng Enjang Sedulur merupakan program yang menghibur dan edukatif. Proses produksi  telah melalui tahapan produksi yaitu tahap pre production planning antara lain internal meeting untuk membahas naskah yang akan diangkat dalam acara tersebut, kemudian melakukan seleksi terhadap video viral dan memilih bintang tamu yang akan dihadirkan serta penentuan tema yang lebih aktual. Untuk kegiatan post production tidak dilakukan karena live production. Proses produksi program “Sugeng Enjang Sedulur” telah sesuai dengan standard operation procedure, yang menjadi standard Production televisi, walaupun tidak dilakukan secara keseluruhan. Sebaiknya tim Program “Sugeng Enjang Sedulur” dapat lebih mempererat lagi kerja sama timnya dengan lebih baik lagi. Kerjasama yang ada saat ini telah dapat mencapai program yang baik. Jika lebih kompak lagi, program yang dihasilkan akan lebih berdampak bagi para penontonnya.


Keywords


tahapan produksi, Sugeng Enjang Sedulur, live production

Full Text:

PDF

References


Agung Sumringah Arwandi. http://eprints.uny.ac.id/19088/1/AgungSumringahArwandi_10408141001.pdf

Alan Wurtzel, Television Production(third Edition), Mc Graw-Hill Book Company, New York, 1989.

Arry Kusumadewi dalam http://prezi.com/_kvat22vqezo/program-acara-talkshow-di-pt-esa-visual-padjajaran-tivi-pj/diakses pada tanggal, 24 Agustus 2014, Jam: 12.52 WIB.

Darwanto Sastro Subroto, Produksi Acara Televisi, Duta Wacana University Press, Yogyakarta, 1994.

Fred Wibowo, Teknik Produksi Program Televisi, Penerbit Pinus Book Publisher, Jakarta, 2007.

Naratama, Menjadi Sutradara Televisi dengan Single dan Multi Camera, Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2004.

Nila Lestari dalam http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/ 123456789/2894/1/NILA%20LESTARI-FDK.PDF diakses tanggal, 24 Agustus 2014, Jam: 13.20 WIB.

Rusman Latief dan Yustiatie Utud, Produser Profesional Mendesain Program Televisi, Prenadamedia Group, Jakarta, 2017

Rusman Latief dan Yustiatie Utud, Siaran Televisi Non-Drama, Prenadamedia Group, Jakarta, 2015

Siti Nurfatihah dalam http://repository.fisip-untirta.ac.id/558/1/SITI%20NURFATIHAH%20-%206662101141%20-%20Copy.pdf

Sofian Effendi dan Masri Singarimbun, Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta, 1989.

Wisnu Krisminanda http://eprints.ums.ac.id/58005/3/NASKAH%20PUBLIKASI%20FULL%20TEXT.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal Ilmiah Produksi Siaran

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2461-0844. ISSN Online: 2722-1121 (Mulai tahun 2020)

 

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com