Peran Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Masker Kecantikan Yeppeoskin

Niga Mufti Ayu Sawitri, Dhety Chusumastuti

Abstract


Seiring berkembangnya waktu, media sosial juga ikut terus berkembang. Hal tersebut mendorong kita semua untuk terus melakukan perubahan. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, namun juga dalam mengikuti perkembangan zaman khususnya media sosial. Saat ini, hampir semua aspek kehidupan berkaitan dengan media sosial. Dengan demikian, media sosial berhasil menempati popularitas tertinggi saat ini. Salah satu media sosial yang saat ini tengah banyak disukai oleh masyarakat, khususnya semenjak adanya pandemi Covid-19 ialah media sosial TikTok. Media sosial ini berhasil mengambil perhatian khalayak luas karena fitur dan kemudahannya untuk menyebarkan suatu informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari penggunaan media sosial TikTok khususnya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap beberapa narasumber. Narasumber diambil menggunakan teknik purposive sampling yang kemudian dilakukan wawancara secara daring. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran media sosial TikTok telah diterapkan dengan baik, diantaranya: penggunaan fitur hashtag dalam setiap unggahan yang membantu pihak Yeppeoskin untuk melakukan branding sekaligus marketing produk masker kecantikan yang mereka miliki. Penggunaan fitur direct message dan kolom komentar yang mempermudah Yeppeoskin untuk melakukan komunikasi dua arah dengan pelanggannya, serta penggunaan fitur share oleh pelanggannya yang membuat video Yeppeoskin menjadi viral.


Keywords


media sosial; TikTok; loyalitas pelanggan

References


Ariadi, Sigit dan Saino. (2014). Peran Media Sosial Twitter terhadap Loyalitas Merek Indosat IM3. Jurnal Ilmu Manajemen. 2(4), 1380-1392.

Caleb, CT. dan Rebecca A. Hayes. (2015). Social Media: Defining, Developing and Divining. Atlantic Journal of Communication. 23(1), 46-65.

Griffin, Jill. (2015). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan. Jakarta: Erlangga.

Irmawati, Dewi. (2011). Pemanfaatan e-Commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi VI, 95-112.

Kaplan, Andreas & Hanlein, Michael. (2010). Users of the World Unite! The Challenges and Opportunity of Social Media. Business Horizon.

Katadata.co.id. (2020). Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia. Diakses 22 November 2021 dari https://katadata.co.id/perilaku-ecommerce.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustofa. (2019). Peran Hashtag (#) dalam Media Sosial sebagai Upaya Branding Pustakawan. Jurnal Libraria 7(1), 19-38.

Nasrullah. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Puntoadi, Danin. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: (ID) PT Elex Komputindo.

Resta Handika, M., & Sri Darma, G. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.

Robbins & Judge. (2015). Perilaku Organisasi. Alih Bahasa: Saraswati dan Sirait. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sangadji & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sartikah, Razati dan Utama. (2018). Peran Media Sosial dalam Memperkuat Loyalitas Pada Merek Strategic Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 18(1), 27-36.

Soekanto, Soejono. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Techfor.id. (2020). The Rise of TikTok: Masa Keemasan TikTok selama Masa Pandemi. Diakses 22 November 2021 dari https://www.techfor.id/the-rise-of-tiktok-masa-keemasan-tiktok-selama-masa-pandemi.

Utami, GR. dan Marheni, ES. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement dan Loyalitas Merek pada Akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185-198.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi



Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857

Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537

Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id