Peran Media Sosial Tiktok Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Masker Kecantikan Yeppeoskin
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.148Kata Kunci:
media sosial, TikTok, loyalitas pelangganAbstrak
Seiring berkembangnya waktu, media sosial juga ikut terus berkembang. Hal tersebut mendorong kita semua untuk terus melakukan perubahan. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, namun juga dalam mengikuti perkembangan zaman khususnya media sosial. Saat ini, hampir semua aspek kehidupan berkaitan dengan media sosial. Dengan demikian, media sosial berhasil menempati popularitas tertinggi saat ini. Salah satu media sosial yang saat ini tengah banyak disukai oleh masyarakat, khususnya semenjak adanya pandemi Covid-19 ialah media sosial TikTok. Media sosial ini berhasil mengambil perhatian khalayak luas karena fitur dan kemudahannya untuk menyebarkan suatu informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari penggunaan media sosial TikTok khususnya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap beberapa narasumber. Narasumber diambil menggunakan teknik purposive sampling yang kemudian dilakukan wawancara secara daring. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peran media sosial TikTok telah diterapkan dengan baik, diantaranya: penggunaan fitur hashtag dalam setiap unggahan yang membantu pihak Yeppeoskin untuk melakukan branding sekaligus marketing produk masker kecantikan yang mereka miliki. Penggunaan fitur direct message dan kolom komentar yang mempermudah Yeppeoskin untuk melakukan komunikasi dua arah dengan pelanggannya, serta penggunaan fitur share oleh pelanggannya yang membuat video Yeppeoskin menjadi viral.
Referensi
Ariadi, Sigit dan Saino. (2014). Peran Media Sosial Twitter terhadap Loyalitas Merek Indosat IM3. Jurnal Ilmu Manajemen. 2(4), 1380-1392.
Caleb, CT. dan Rebecca A. Hayes. (2015). Social Media: Defining, Developing and Divining. Atlantic Journal of Communication. 23(1), 46-65.
Griffin, Jill. (2015). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan. Jakarta: Erlangga.
Irmawati, Dewi. (2011). Pemanfaatan e-Commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi VI, 95-112.
Kaplan, Andreas & Hanlein, Michael. (2010). Users of the World Unite! The Challenges and Opportunity of Social Media. Business Horizon.
Katadata.co.id. (2020). Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia. Diakses 22 November 2021 dari https://katadata.co.id/perilaku-ecommerce.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustofa. (2019). Peran Hashtag (#) dalam Media Sosial sebagai Upaya Branding Pustakawan. Jurnal Libraria 7(1), 19-38.
Nasrullah. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Puntoadi, Danin. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: (ID) PT Elex Komputindo.
Resta Handika, M., & Sri Darma, G. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.
Robbins & Judge. (2015). Perilaku Organisasi. Alih Bahasa: Saraswati dan Sirait. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Sangadji & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sartikah, Razati dan Utama. (2018). Peran Media Sosial dalam Memperkuat Loyalitas Pada Merek Strategic Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 18(1), 27-36.
Soekanto, Soejono. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Techfor.id. (2020). The Rise of TikTok: Masa Keemasan TikTok selama Masa Pandemi. Diakses 22 November 2021 dari https://www.techfor.id/the-rise-of-tiktok-masa-keemasan-tiktok-selama-masa-pandemi.
Utami, GR. dan Marheni, ES. (2020). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement dan Loyalitas Merek pada Akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185-198.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .