Strategi Komunikasi Pemasaran Restoran Sekar Kedhaton Dalam Membangun Citra Pada Masa Pandemi Covid-19

Naomy Putri Danarti, Irawan Irawan

Abstract


Restoran Sekar Kedhaton merupakan restoran yang merasakan dampak negatif oleh adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran, serta faktor pendukung dan penghambat bagi Restoran Sekar Kedhaton dalam membangun citra pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan konsep stategi komunikasi dalam bauran komunikasi pemasaran dan teori membangun citra. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Restoran Sekar Kedhaton dalam membangun citra pada masa pandemi COVID-19 menggunakan tiga tahapan, yaitu: rumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi. Dalam implementasi strategi, menggunakan enam sarana promosi, yaitu: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perorangan, pemasaran langsung, acara, dan pengalaman. Implementasi strategi yang paling diunggulkan dan memberikan dampak yang cukup besar adalah jenis sarana periklanan dengan kegiatan memanfaatkan sosial media, kemudian sarana promosi penjualan dengan menawarkan New Normal Package, dan yang terakhir adalah hubungan masyarakat dengan kegiatan menggaungkan kesiapan restoran dalam membangun citra baik dimasa pandemi COVID-19. Hasil dari penerapan strategi tersebut menunjukkan adanya citra positif serta kepercayaan pengunjung terhadap Restoran Sekar Kedhaton pada masa pandemi COVID-19.


Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran; Restoran Sekar Kedhaton; Citra.

References


Buku:

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Putra, Nusa. (2013). Penelitian Kualitatif IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Winsenblit, J. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). New Jersey: Pearson.

Soemanagara, R. (2006). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategi Dan Terapan. Bandung: Alfabeta.

Artikel dalam jurnal:

Djausal, G. P., Larasati, A., & Muflihah, L. (2020). Strategi pariwisata ekologis dalam tantangan masa pandemik COVID-19. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(1), 57-61. https://doi.org/10.23960/jpb.v3i1.15

Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif Dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95. https://doi.org/10.26638/jfk.387.2099.

Kurniasari, N. (2017). Strategi Penanganan Krisis Kepariwisataan dalam Kebijakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(2), 177-189. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.3007

Mappasiara, M. (2018). Manajemen Strategik dan Manajemen Operasional Serta Implementasinya Pada Lembaga Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 74-85. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5116.

Prayudi, M. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pariwisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Perhotelan): Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 Edisi Agustus 2020

Soebagyo, S. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Di Indonesia. Liquidity, 1(2), 153-158. https://doi.org/10.32546/lq.v1i2.145.

Sugihamretha, I. D. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah COVID-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191-206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi



Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857

Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537

Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id