Strategi Komunikasi Pemasaran Restoran Sekar Kedhaton Dalam Membangun Citra Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.149Kata Kunci:
Strategi Komunikasi Pemasaran, Restoran Sekar Kedhaton, Citra.Abstrak
Restoran Sekar Kedhaton merupakan restoran yang merasakan dampak negatif oleh adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran, serta faktor pendukung dan penghambat bagi Restoran Sekar Kedhaton dalam membangun citra pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan konsep stategi komunikasi dalam bauran komunikasi pemasaran dan teori membangun citra. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Restoran Sekar Kedhaton dalam membangun citra pada masa pandemi COVID-19 menggunakan tiga tahapan, yaitu: rumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi. Dalam implementasi strategi, menggunakan enam sarana promosi, yaitu: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perorangan, pemasaran langsung, acara, dan pengalaman. Implementasi strategi yang paling diunggulkan dan memberikan dampak yang cukup besar adalah jenis sarana periklanan dengan kegiatan memanfaatkan sosial media, kemudian sarana promosi penjualan dengan menawarkan New Normal Package, dan yang terakhir adalah hubungan masyarakat dengan kegiatan menggaungkan kesiapan restoran dalam membangun citra baik dimasa pandemi COVID-19. Hasil dari penerapan strategi tersebut menunjukkan adanya citra positif serta kepercayaan pengunjung terhadap Restoran Sekar Kedhaton pada masa pandemi COVID-19.
Referensi
Buku:
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Erlangga.
Putra, Nusa. (2013). Penelitian Kualitatif IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Winsenblit, J. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). New Jersey: Pearson.
Soemanagara, R. (2006). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategi Dan Terapan. Bandung: Alfabeta.
Artikel dalam jurnal:
Djausal, G. P., Larasati, A., & Muflihah, L. (2020). Strategi pariwisata ekologis dalam tantangan masa pandemik COVID-19. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(1), 57-61. https://doi.org/10.23960/jpb.v3i1.15
Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif Dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95. https://doi.org/10.26638/jfk.387.2099.
Kurniasari, N. (2017). Strategi Penanganan Krisis Kepariwisataan dalam Kebijakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(2), 177-189. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i2.3007
Mappasiara, M. (2018). Manajemen Strategik dan Manajemen Operasional Serta Implementasinya Pada Lembaga Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 74-85. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5116.
Prayudi, M. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pariwisata Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Perhotelan): Vol 3 No 2 (2020): Vol 3 Edisi Agustus 2020
Soebagyo, S. (2018). Strategi Pengembangan Pariwisata Di Indonesia. Liquidity, 1(2), 153-158. https://doi.org/10.32546/lq.v1i2.145.
Sugihamretha, I. D. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah COVID-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191-206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .