Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee terhadap Minat Beli Masyarakat

Shafa Giyan A'yuni, Dhety Chusumastuti

Abstract


Kemajuan dari teknologi telah menghadirkan banyak e-commerce. Namun, masih banyak aplikasi e-commerce yang sulit untuk digunakan, terutama pada aspek User Interface dimana hal tersebut berdampak pada minat beli masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh User Interface, khususnya pada aplikasi Shopee terhadap minat beli masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tidak diketahui jumlahnya, baik yang telah memiliki atau tidak memiliki akun Shopee. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan rumus Cochran, sehingga jumlah sampel penelitian diperoleh sebanyak 100 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa User Interface aplikasi Shopee memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli masyarakat sebesar 41,6% dan sisanya sebesar 58,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


E-commerce; User Interface; minat beli; Shopee

References


aCommerce. (2019). EIQ Consumer Pulse: Uncovering The Value of Indonesia’s Top Online Platforms. Diakses dari https://ecommerceiq.asia/asp-products/eiq-consumer-pulse-uncovering-the-value-of-indonesias-top-online-platforms/.

Alvara Strategic Research. (2019). Perilaku dan Preferensi Konsumen Millenial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce. Diakses dari https://alvara-strategic.com/layanan-digital-buatan-indonesia-paling-diminati-milenial/

Databoks. (2019). Tokopedia, E-Commerce dengan Nilai Transaksi Terbesar. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/15/2014-2023-nilai-transaksi-tokopedia-terbesar-dibandingkan-e-commerce-lainnya

Febry, Timotius & Teofilus. (2020). SPSS : Aplikasi pada Penelitian Manajemen Bisnis: Media Sains Indonesia.

Firmansyah, M. Anang. (2020). Pengantar E-marketing. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Hantono. (2018). Konsep Analisa Laporan Keuangan dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Harmayani, dkk. (2020). E-commerce : Suatu Pengantar Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hartono. (2018). Bimbingan Karier. Jakarta Timur: Prenada Media Group.

Herdioko, Jonathan dan Pramatatya Resindra W. (2019). “Analisis Pengaruh Sikap, Desain Tampilan, dan Citra Situs Terhadap Minat Belanja pada Situs Belanja Daring Tokopedia di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 31(1), 48-60.

iPrice. (2021). The Map of E-commerce in Indonesia. Diakses dari https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/.

_____. (2020). Southeast Asian E-commerce, 1H/2020: Analyzing Impacts Of COVID-19on Online Shopping. Diakses dari https://iprice.sg/trends/insights/the-impacts-of-covid-19-on-e-commerce-in-southeast-asia-in-h1-2020/.

Japarianto, Edwin, & Stephanie Adelia. (2020). “Pengaruh Tampilan Web dan Harga Terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Intervening pada E-commerce Shopee”. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35-43.

Joewono, Stephen, dan Wahyu Ramadoni. (2019). “Pengaruh Tampilan Antarmuka dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada Konsumen Go-Food di Kota Malang dan Surabaya)”. Jurnal Eksekutif, 16(1), 70-86.

John, dkk. (2012). System Analysis and Design In A Changing World (Sixth Edition). USA: Joe Sabatino.

Khotimah. Nur. (2019). Analisis Sentimen Terhadap Review E-commerce dengan Metode Stochastic Gradient Descent. Doctoral Dissertation. Universitas Muhammadiyah.

Kotler, dkk. (2018). Principles of Marketing (Fourth European Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mulyana, dkk. (2019). Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia: Teori dan Implementasi. Bogor: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pakuan.

Mulyono. (2018). Berprestasi Melalui JFP Ayo Kumpulkan Angka Kreditmu. Yogyakarta: Deepublish.

Permana, Pungky I. & Alia N. P. (2019). Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak untuk SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Priyastama, Romie. (2020). The Book of SPSS: Pengolahan & Analisis Data. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Purnomo, Rochmat Aldy. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS Untuk Mahasiswa, Dosen, dan Praktis (Edisi 2). Ponorogo: CV. Wade Group.

Rahmatya, Istari. (2017). Evaluasi dan Perancangan Ulang Aplikasi E-commerce Shopee Berdasarkan Usability Testing. Skripsi. Universitas Katolik Parahyangan.

Rozak, Abd., Wiwin, S. (2019). Pengolahan Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Salim, Y. U. dan Sri Widaningsih. (2017). “Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Northern Lights Education Center (NLEC) Bandung”. E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 521-527.

Sridevi, S. (2014). User Interface Design. International Journal of Computer Science and Information Technology Research, 2(2), 415-426.

Statista. (2020). Number of e-commerce users in Indonesia from 2017 to 2024. Diakses dari https://www.statista.com/forecasts/251635/e-commerce-users-in-indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sujarweni & Utami. (2019). The Master Book of SPSS : Pintar Mengolah Data Statistik untuk Segala Keperluan Secara Otodidak. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Top Brand Award. (2020). Top Brand Index. Diakses dari https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=shopee.

Uyun, M., Idi W. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Wahyuni, A. S. dan Athanasia O. P. D. (2018). Persepsi Pemustaka Terhadap Desain Antarmuka Pengguna (User Interface) Aplikasi Perpustakaan Digital “iJogja” Berbasis Android. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 7(1), 1-11.

We Are Social. (2020). Digital In 2020. Diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia.

Widayat. (2018). Statistika Multivariat (Pada Bidang Manajemen dan Bisnis). Malang: UMM Press.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v5i1.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi



Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857

Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537

Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id