STRATEGI PUBLIC RELATIONS (PR) DALAM REBRANDING NEW SAPHIR HOTEL YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v1i1.43Keywords:
rebranding, strategi, public relationsAbstract
Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui strategi PR dalam rebranding New Saphir Hotel. Rebranding merupakan perubahan identitas pada perusahaan sebagai representasi baru membangun awareness dan persepsi publik yang positif terhadap identitas hotel yang baru. Teori Muzellec digunakan sebagai acuan rebranding dan Teori Rosady Ruslan dipakai sebagai acuan strategi PR. Pendekatan yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari pengumpulan data tersebut, diperoleh hasil bahwa New Saphir Hotel telah melaksanakan enam strategi PR dalam rebranding, yaitu event, publications, media relation, information, lobbying and negotiation, dan corporate social responsibility. Strategi yang dinilai paling efektif ialah publications yang menggunakan media promosi cetak seperti brosur dan flyer, koran, dan radio. Sementara strategi yang kurang efektif adalah corporate social responsibilitih karena program ini dilaksanakan belum rutin atau sustainable.
References
Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzellec. (2003). "Corporate Rebranding: An Exploratory Review". Irish Marketing Review.16: 31-40.
Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, R. (2005). Strategic Planning for Public Relations Second Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfa beta.
Sutopo. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif - Dasar Teori dan Terapannya dalam
Penelitian. Jakarta: Ghalia lndah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .