STRATEGI PUBLIC RELATIONS (PR) DALAM REBRANDING NEW SAPHIR HOTEL YOGYAKARTA

Penulis

  • Fathiyyah Fairuz STMM "MMTC" Yogyakarta
  • Sintar Nababan STMM "MMTC" Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimik.v1i1.43

Kata Kunci:

rebranding, strategi, public relations

Abstrak

Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui strategi PR dalam rebranding New Saphir Hotel. Rebranding merupakan perubahan identitas pada perusahaan sebagai representasi baru membangun awareness dan persepsi publik yang positif terhadap identitas hotel yang baru. Teori Muzellec digunakan sebagai acuan rebranding dan Teori Rosady Ruslan dipakai sebagai acuan strategi PR. Pendekatan yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Dari pengumpulan data tersebut, diperoleh hasil bahwa New Saphir Hotel telah melaksanakan enam strategi PR dalam rebranding, yaitu event, publications, media relation, information, lobbying and negotiation, dan corporate social responsibility. Strategi yang dinilai paling efektif ialah publications yang menggunakan media promosi cetak seperti brosur dan flyer, koran, dan radio. Sementara strategi yang kurang efektif adalah corporate social responsibilitih karena program ini dilaksanakan belum rutin atau sustainable.

Referensi

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muzellec. (2003). "Corporate Rebranding: An Exploratory Review". Irish Marketing Review.16: 31-40.

Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Smith, R. (2005). Strategic Planning for Public Relations Second Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfa beta.

Sutopo. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif - Dasar Teori dan Terapannya dalam

Penelitian. Jakarta: Ghalia lndah.

Diterbitkan

2017-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel