Media Strategi Geopark Maros Pangkep Dalam Upaya Meraih Predikat Unesco Global Geopark
Abstract
Pencapaian Geopark Maros Pangkep ( GMP) sebagai Unesco Global Geopark ( UGG) patut diapresiasi. Keberhasilan ini tidak lepas dari peran media sebagai alat komunikasi, sosialisasi dan pembentukan opini publik. Strategi media dibutuhkan untuk pencapaian kesuksesan program melalui pemanfaatan yang efektif dan efisien. Pola strategi media yang dilakukan oleh GMP penting diteliti sebagai upaya mendapatkan pola baru pemanfatan media dalam penapaian tujuan organisasi serta upaya brading dan menaikkan reputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi media yang dilakukan GMP dalam upaya pemenangan UGG dengan metode kualitatif diskriptif. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi serta studi dokumen yang diolah dan dilakukan validasi melalui triangulasi data. Hasil dari penelitian ini merupakan model strategi media yang dilakukan GMP dalam upaya mencapai UGG. Model ini dapat diterapkan dan dimodifikasi untuk kepentingan berbagai organisasi atau upaya pemenangan berbagai kompetisi dalam upaya mendapatkan reputasi dan menaikkan citra.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Pariwisata Tourism Communication Pemasaran dan Brand Destinasi, Jakarta Prenadamedia Group
Effendy, O,U(2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kotler, P and Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New York: Prentice Hall.
Moeleong, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya
Daymon Chirsin & Hollowey Immy. 2002. Qualitative Research Methode in Public Relation and Marketing Communication, London: Routledge
Dedy Irfan ( 2023) Personal Onterview
Fill, Christ & Trunbull Sarah. 2016. Marketting Communication, Hearlow UK: Pearson Education Limited
George & Michael Belch. 2009. Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: Mc Graw Hill International
Gobe, Marc. 2005. Emotional branding. Paradigma baru menghubungkan merk dengan pelanggan. Jakarta Erlangga
Hermanto, Y. B., & Tresyanto, C. A. (2021). Strategi pemilihan media sebagai sarana komunikasi pemasaran pada wisata kota surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(4), 361-371. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i4.3893
Jaiz.M. 2014. Dasar Dasar Periklanan. Yogyakarta ; Graha Ilmu
Kottler, Philips. 2016. Marketing For Hospitality and Tourism, United Stated: Pearson Education
Moretti Aurora. 2016. Tourism Marketing, United Stated: Willford Press
Morisan, M.A.2010. Periklanan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Nur Alam. 2021. Strategi Pemasaran PAriwisata Kabupaten Bulukumba Melalui Media Sosial. Jurnal Kominfo. Vol 1 No 3 Tahun 2021 Hal 159-167
Prawibowo Denny, Purnamasari Oktaviana. ( 2018). Strategi Kementerian Pariwisata Dalam Branding Wonderful Indonesia Melalui Media Sosial. Jurnal Perspektif Vol 1 No 2 Tahun 2018 Halaman 1 – 13
Yahya, Arief. 2018.Paradox Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Yuristiadhi Ghifari, Makhasi Masyahari ( 2017). Strategi Branding PAriwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. Ettisal Journal Komunikasi Vol 2 No 02 Tahun 2017 Halaman 31- 41 DOI: http://dx.doi.org/10.21111/ettisal.v2i2.1265
The Jakarta Post , 4 September 2017. Indonesian Tourism Growth Tops Malaysia , Singapore , Thailand Acses On 15 Mei 2022
The Telegraph. September 2017. Indonesia is in top 20 Fastest growing travel destination in the world Access on 15 Mei 2022
DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v9i1.494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 siti chotijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857
Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537
Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id