Analisis Kebutuhan Informasi Wisatawan dalam Pengembangan Desa Wisata Kembangarum di Kabupaten Sleman
Abstract
Dalam menentukan tujuan wisata, para wisatawan sangat membutuhkan informasi yang rinci dan lengkap sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk berkunjung ke obyek wisata. Untuk itu, pengelola informasi desa wisata Kembangarum seharusnya menyampaikan informasi yang dimiliki kepada masyarakat luas dengan menggunakan berbagai media, terutama media online, sehingga memenuhi kecepatan akses informasi yang tinggi dan jangkauan penyebaran informasi yang sangat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan informasi wisatawan dalam pengembangan desa wisata Kembangarum di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan survey. Populasi penelitian terdiri atas para wisatawan pengunjung desa wisata Kembangarum yang jumlahnya tidak diketahui, sehingga penentuan jumlah anggota sampel mengikuti pendapat Slovin yaitu 96 orang, dan dibulatkan menjadi 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis destribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara kebutuhan informasi wisatawan dengan penyediaan informasi oleh pengelola informasi desa wisata Kembangarum. Penyebaran informasi desa wisata Kembangarum lebih mengandalkan pada media tatap muka (gethok tular) dan kurang memaksimalkan penggunaan media online atau internet yang memiliki aksesibilitas tinggi dan jangkauan penyebaran informasi yang sangat luas, sehingga menjadi salah satu penyebab menurunnya kunjungan wisatawan ke desa wisata Kembangarum dari tahun 2016 sampai sekarang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aat Ruchiat Nugraha. (2017). Model Komunikasi Pariwisata yang Berbasiskan Kearifan Lokal (Studi Deskriptif Kualitatif di Wilayah Lembang Kabupaten Bandung Barat) https:// www.researchgate.net/ publication/ 321217543
Arison, A. (2001). Desa Wisata. Jakarta: PT SUN
Agus Utantoro. (2016). Sejumlah Desa Wisata di Sleman Mati Suri. Diambil dari https: // mediaindonesia.com/read/ detail/ 78094-sejumlah-desa-wisata-di-Sleman-mati-suri.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Alexander Aprita. (2019). Bertambah Signifikan Desa Wisata di Sleman. Diambil dari http://jogja.tribunnews.com /2019/03/13/
Bungin, Burhan. (2001). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada
Effendy, Onong Uchjana. (2002). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja.
Grover, Robert J. dkk. (2010). Assessing Information Needs: Managing Transformative Library Services. California: Libraries Unlimited.
Katz, E., Gurevitch, M., & Haas, H. (1973). “On the use of the media for important things”. American Sociological Review, 38, 164-181.
Kuhlthau, C. C. (1991). Inside the search process: Information seeking from the user's perspective. Journal of the American Society for Information Science.42(5), p.361–371. Tersedia pada faculty.washington.edu /.../INFO310/ Kuhlthau.pdf
Leckie, G.J., Pettigrew, K.E., & Sylvain, C. (1996). Modeling the information seeking of professionals: a general model derived from research on engineers, health care professionals and lawyers. Library Quarterly, 66(2) p.161-193. Tersedia pada www.informationr.net/ir/10-1/paper208.html
Masri Singarimbun. (2006). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES
Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Narendra Aulia Deanawa. (2017). Analisis Kebutuhan Informasi (Information Need Assesment) Lansia di Kota Surabaya. Diambil dari http://journal.unair.ac.id/ LN @analisis- kebutuhan- informasi- (information- need- assessment)-lansia-di-kota-surabaya-article-10824-media-136-category-8.html
Nicholas, David. (2000). Assessing Information Needs: Tools, Techniques and Concepts for the Internet age, 2nd edn. London: Aslib
Notoatmodjo, Soekidjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta
Okoroma, Francisca Nwakaego. (2014). Information repackaging to target groups for a fee: A strategic plan. (online). Vol. 3, No. 5. (http://www.sciencepublishinggroup.com/j/edu). Diakses 26/4/2015.
Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. (1995). Metode Penelitian Survey, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES
Sugiama, A. Gima. (2013). Manajemen Aset Pariwisata: Pelayanan Berkualitas Agar Wisatawan Puas dan Loyal. Guardaya Intimarta. Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta
Suharto, Edi. (2006). Welfare State. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada
Suyanto, Bagong & Sutinah. (2011). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana
Syaffril, Muhammad. (2004). Perilaku Pencarian Informasi Melalui Koleksi Surat Kabar untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi: Studi Deskriptif Tentang Perilaku Pencarian Informasi Melalui Koleksi Surat Kabar untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Perpustakaan UNISBA. Tidak diterbitkan.
Wilson, T. D. (1997). Information Behaviour: An Interdisciplinary Perspective. Information Processing and Management, 33(4), p.551-572. tersedia pada informationr.net/tdw/publ/infbehav/cont.html
Yoeti, Oka A, (2008). Ekonomi Pariwisata : Introduksi, Informasi dan Aplikasi. Jakarta: Kompas
Yuda Manggala Putra. (2019). Sejumlah Desa Wisata Sleman Mati Suri. Diambil dari www.republika.co.id/ berita/nasional/daerah/16/11/17/
Yusuf, Pawit M. (2010) Teori dan Praktis Penelusuran Informasi: Informasi Retrieval. Jakarta: Prenda Media Group
Yusniar Dwi Ratnasari. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara dalam meningkatkan jumlah pengunjung Pantai Tirta Samudra. Diambil dari eJournal llmu Komunikasi, 2013, 1 (3) https://media.neliti.com/media/publications/198118-none.pdf
https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/11/17/ogshtq284-sejumlah-desa-wisata-di-sleman-mati-suri
DOI: https://doi.org/10.56873/jimik.v4i1.84
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
Copyright of Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN Print: 2614-1272. ISSN Online: 2720-9857
Penerbit: Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Alamat:
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta
Telepon: (0274) 561531, 562513
Fax: (0274) 623537
Email: jurnal.mik@mmtc.ac.id