Hyperreality On The Youtube Channel Ismi n Hidayah
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimik.v7i1.257Keywords:
Citra, Hiperrealitas, Media Sosial, Video, YouTubeAbstract
Tayangan video di YouTube telah menjadi komoditas media sosial, sehingga banyak penonton menikmatinya secara kasat mata saja. Akibatnya, konten kreator di YouTube sering diposisikan sebagai objek penghibur, bukan sebagai subjek penghibur. Di era postmodern ini, di mana segala sesuatu tak lagi bermakna tunggal, hiperrealitas dalam media sosial menjadi suatu hal yang lumrah. Permasalahan yang diangkat menjadi objek penelitian dalam kajian ini adalah bentuk simulasi yang dilakukan para pelaku media dalam menyampaikan informasi di kanal YouTube Ismi N Hidayah, sehingga menjadi tayangan yang hiperrealis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simulasi yang digunakan media, dan mengetahui sejauh mana hiperrealitas yang terjadi dapat membentuk pola pikir penonton menjadi apa yang dibentuk oleh media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisa mendalam secara kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan secara studi kepustakaan dan analisa narasi menggunakan teori simulasi Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulasi dalam tayangan video melalui YouTube dan melalui aplikasi teknologi, dimana simulasi yang terjadi telah menggiring pola pikir penonton terhadap citra Ismi N Hidayah tersebut seolah nyata. Selain itu, hiperrealitas yang terjadi akibat proses simulasi yang dilakukan menjadikan video YouTube Ismi N Hidayah menjadi konsumsi yang menjual citra baru bukan memberikan edukasi tentang citra yang sebenarnya dari Ismi Nur Hidayah sampaikan.References
Ahmadi, Mubarok. (2020). Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam Vol. 4 No. 1, 26-37
Azwar, Muhammad. (2014). Teori Simulakrum Jean Baudrillard dan Upaya Pustakawan Mengidentifikasi Informasi Realitas. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah Vol. 2 No. 1, 38-48
Baudrillard, Jean. (1981). Simulacra and Simulation. Translated by Sheila Glaser. Michigan Publishing University of Michigan Press
--------------------. (1983). Simulations. Translated by Paul Foss, Paul Patton, Philip Beitchman. New York: Columbia University
Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum Vol. 21 No. 1, 33-54
Fa’izah, Addina Zulfa. (2021). Sumber Kekayaan Tante Ismi Mantan Driver Ojol, Kini Punya Rumah 2, Satu Dibeli Cash. Retrieved 1 Mei 2023 from https://bit.ly/3pMhvJz
Ismi N Hidayah. (2020). Sedih Banget Dateng Ke Pernikahan Mantan Terindah Samawa Ya [Video]. Retrieved 1 June 2023 from https://www.youtube.com/watch?v=bT0zz1IK2YA
--------------------. (2021). Beli Mobil Mewah dan Mobil Impian Harga 2 Milyar Cash! Alhamdulillah Jangan Shock! [Video]. Retrieved 1 June 2023 from https://www.youtube.com/watch?v=hQeqRpbl2M8
--------------------. (2021). Gasengaja Ketemu Cimoy dan Ubey Aku dan Cimoy Baku Hantam Lagi Maaf [Video]. Retrieved 1 June 2023 https://www.youtube.com/watch?v=at8TlfPs6ZM
Jati, Wasisto Raharjo. (2016). Cyberspace, Internet dan Ruang Publik Baru: Aktivisme Online Politik Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi Vol. 3 No. 1, 25-35
Lestari, Ambar Sri, Shabrur R. H. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Cyberspace Dalam Gerakan Pemikiran Hizbut Tahrir. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Vol. 13 No. 1, 16-33
Nurmansyah, Fadil. (2021). Hiperrealitas Pada Media Sosial Pengguna Instagram Di Kalangan Mahasiswa. Ad-Dariyah Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya Vol. 2 No. 2, 1-15
Prasetya Dimas, Ryan Marina. (2022). Studi Analisis Media Baru: Manfaat dan Permasalahan Dari Media Sosial dan Game Online. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi Vol. 4 No. 2, 2-10
Radiansyah, Rifi Rivani. (2019). Konsumerisme Hingga Hiper-Realitas Politik Di Ruang Publik Baru Era Cyberspace (Antara Kemunduran Atau Kemajuan Bagi Pembangunan Negara Indonesia yang Demokratis). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol. 3 No. 2, 30-47
Rajagukguk, Tri Putra, Kunto S. (2020). Simulakra Hiperrealitas dan Reproduksi Tanda GIM PUBG. Metahumaniora Vol. 10 No. 1, 118-136
Setiadarma, Aan. (2020). Pemanfaatan Media Baru Dalam Media Relations. Jurnal Ikon Vol. XXVI No. 3, 262-271
Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, Junaidi I. (2019). YouTube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education Vol. 2 No. 3, 313-323
Siswadi, Gede Agus. (2022). Hiperrealitas Di Media Sosial Dalam Perspektif Simulakra Jean Baudrillard (Studi Fenomenologi Pada Trend Foto Prewedding Di Bali). Dharmasmrti Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan Vol. 22 No. 1, 9-18
Socialblade.com. (2018). Ismi N Hidayah’s YouTube Stats (Summary Profile). Retrieved 1 June 2023 from https://socialblade.com/youtube/channel/UCe2MSygA15htoLQvflJabmA
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alphabet
Tinambunan, Tresia Monica, Chontina Siahaan. (2022). Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Komunikasi Massa Di Kalangan Pelajar. Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 5 No. 1, 14-21
Utami, Andini Hernani. (2021). Media baru dan Anak Muda: Perubahan Bentuk Media Dalam Interaksi Keluarga. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga Vol. 11 No. 1, 8-18
Varenia, Ida Ayu N., Ida Bagus Y. P. (2022). Implikasi Media Baru Sebagai Media Komunikasi dan Teknologi Informasi. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram Vol. 4 No. 1, 623-632
Wardah, Muh Jamil Reza. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan YouTube Sebagai Media Konten Video Kreatif. Jurnal Komunikasi dan Organisasi Vol. 3 No. 1, 39-46
Widyaningrum, Anastasia Y., Yuli N. (2021). Hiperrealitas Makna Kesenangan Dalam Iklan Bertema Gaya Hidup Di Media Sosial. Kawistara Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 11 No. 2, 174-185
Wiryany, Detya, Tiarani Vidia Pratami. (2019). Kekuatan Media Baru YouTube Dalam Membentuk Budaya Populer. Artcomm Jurnal Komunikasi dan Desain Vol. 2 No. 2, 25-30
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Penulis yang diterbitkan dengan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis  mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons  yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis  dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut ( misalnya  , pengirimannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis  diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarahkan pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.Â
- Artikel dan semua materi terkait yang diterbitkan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0  .