STRATEGI PEMASARAN PROGRAM TALKSHOW MAMAH DAN AA BERAKSI DI INDOSIAR

Siti Asiatun

Abstract


Penelitian tentang penerapan strategi pemasaran program Talkshow Mamah dan AA Beraksi di Indosiar ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam program Talkshow Mamah dan AA Beraksi di Indosiar. Jenis penelitian ini adalah kombinasi antara penelitian normatif dengan penelitian empiris dan bersifat deskriptif kualitatif. Program Mamah dan AA Beraksi di Indosiar dipilih karena adanya kolaborasi yang menarik antara Mamah Dedeh sebagai penceramah dan Aa Abdel. Tema dan waktu penayangan termasuk faktor utama untuk menentukan tarif iklan. Dalam pendistribusian programnya, talkshow Mamah dan AA Beraksi memakai perantara media televisi, You Tube, dan streaming TV melalui aplikasi dan atau website video.com.promosi. Kesuksesan promosi yang dilakukan oleh tim dapat dilihat dari jumlah antrian penonton di studio yang sudah penuh hingga 1 tahun kedepan. Segmentasi geografis geodemografis program talkshow Mamah dan AA Beraksi berpusat pada keluarga muslim atau lingkungan muslim. Gaya hidup dan kepribadian masyarakat muslim target penonton program acara talkshow Mamah dan Aa Beraksi mengarah pada kelompok muslim ibu-ibu rumah tangga, karyawan, pekerja kantoran hingga eksekutif dengan keadaan sosial dan ekonomi yang merata. Positioning, Branding sahutan “curhat dong maaah” telah melekat dalam pikiran masyarakat Indonesia dengan acara roadshow dan tabligh akbar yang dibiayai sepenuhnya oleh Indosiar sendiri. Penerapan strategi pemasaran program talkshow Mamah dan AA Beraksi di Indosiar telah berhasil membawa program acara religi islami ini memperoleh rating yang tinggi sehingga berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan melalui pemasangan iklan. Hasil dari penelitian ini adalah program Talkshow Mamah dan AA Beraksi di Indosiar telah melakukan strategi pemasaran guna meningkatkan pendapatan dan keuntungannya. Strategi tersebut diterapkan dalam proses perencanaan dan produksi, distribusi program, promosi, maupun penetapan harga programnya.


Full Text:

PDF

References


BUKU:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka : Jakarta.

Iksan. 2009. Manajemen Strategis. Gaung Persada: Jakarta.

Kotler, Armstrong dkk. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Kotler dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid I. Erlangga : Jakarta.

Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran Jilid 1: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol Jilid 2. Edisi Indonesia. PT. Prenhallindo : Jakarta.

Morrissan. 2008. Manajemen Media

Penyiaran. Kencana PrenadaMedia : Jakarta.

Morissan, M.A. 2015. Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio & Televisi. Edisi Revisi. Prenadamedia Grup: Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi : Yogyakarta.

PERATURAN PERUNDANGAN:

Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 01/P/Kpi/03/2012 Tentang Pedoman Perilaku Penyiaran.

INTERNET:

Chairul Fikri, Berikut Daftar Lengkap Nominasi Panasonic Gobel Awar 2015, dipetik dari dari www.beritasatu.com pada tanggal 20 Februari 2018 pukul 21.00 WIB.

www.id.wikipedia.org/wiki/Dedeh_Rosidah, diakses pada tanggal 10 April 2018 pukul 12.05 WIB.

http://ideolicious.blogspot.co.id/2014/09/sekapur-sirih-tentang-paradoxmarketing.html9 diakses pada 04 Mei 2018 pukul 11.00.

www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/11/pengertian-target-pasar-tsrgetingmanfaat-dan-contoh

http://ideolicious.blogspot.co.id/2014/09/sekapur-sirih-tentangparadox-marketing.html9 yang diakses pada 04 Mei 2018

www.kpi.go.id, diakses pada 04 September 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal Ilmiah Produksi Siaran

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2461-0844. ISSN Online: 2722-1121 (Mulai tahun 2020)

 

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com