Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Komunikasi Dosen terhadap Hasil Pembelajaran Praktik Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta

Sugiyo Sugiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh kompetensi, motivasi dan komunikasi dosen terhadap hasil pembelajaran praktik pada Sekolah Tinggi Multi Media. Ketiga variabel bebas yaitu kompetensi, motivasi dan komunikasi dosen perlu mendapatkan perhatian dalam mengelola institusi pendidikan tinggi. Melalui variabel ini diharapkan dapat menumbuhkan keseriusan dosen dalam meningkatkan hasil pembelajaran praktik. Penelitian ini berkait dengan penjelasan tentang kompetensi, motivasi dan komunikasi sebagai prediktor terhadap hasil pembelajaran praktik. Penelitian melalui pendekatan kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan alat analisis yang digunakan adalah kuantitatif berupa regresi linear berganda dengan sampel sebanyak 33 mahasiswa pada STMM Yogyakarta. Hasil penelitian terbukti bahwa kompetensi, motivasi dan komunikasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil pembelajaran praktik sebesar 85,40 %, nilai Fhitung 56,551 dengan tingkat signifikansi 0,05. Secara parsial ketiga variabel berpengaruh signifikan, nilai thitung 2,277, tingkat signifikansi 0,030 untuk variabel kompetensi (X1), 2,093 tingkat signifikansi 0,045 untuk motivasi (X2) dan 2,099 tingkat signifikansi 0,045 untuk komunikasi (X3). Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disarankan bahwa pengelola institusi pendidikan ini tetap memperhatikan kompetensi, motivasi dan komunikasi dosen. Pemberian kompetensi, motivasi dan komunikasi secara terus menerus dimaksudkan agar hasil pembelajaran meningkat sesuai tujuan institusi.

Keywords


kompetensi, motivasi, komunikasi, hasil pembelajaran praktik

Full Text:

PDF

References


Anni, C.T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang UPT UNNES Pres.

Darsono, M. (2000). Belajar Dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Pres.

Mardikantoro, H & Siroj, B. (2016). Upaya Percepatan Kelulusan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Hindriari, R. (2016). Pengaruh Kompetisi, Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pamulang) Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Universitas Pamulang.

Hodgetts, R.M., Luthan, F., & Doh, J.(2006), International Management Culture; Strategy and Behavior, Sixth Edition, NewYork: McGraw-Hill Education.

Ivancevich, J.M. (2007). Human Resources Management, New York: Mc Griw Hall.

Kampuselisabeth. (25 Februari 2020). Ini Cara Kembangkan Potensi dalam Dirimu. Dipetik 20 Oktober 2020 melalui https://kampuselizabeth.com/ini-cara-kembangkan-kompentesi-dalam-dirimu/

Luthans, F. (2006). Organizational Behavior, Eleventh Edition. (Vivin Andhika, Terjemahan) Yogyakarta: Andi.

Martinrecord.com. (2020). Apa Itu Komunikasi Berikut Penjelasannya. Dipetik 02 November 2020 melalui http://www.martinrecords.com/umum/apa-itu-komunikasi-berikut-penjelasannya/

Permendikbud. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan%20PERMENDIKBUD%203%20TAHUN%202020%20FIX%20GAB.pdf, 30/10/2020.

Purbayu, A. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS, Andi Offset, Yogyakarta

Radiansyah, A. (2017). “Pengaruh Kompetensi, Komunikasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tutor Universitas Terbuka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung”, Econos: Jurnal Ekonomi dan Sosial, VII(1) Juli 2017, 134-166.

Santoso, S. (2005). SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.

Sedarmayanti. (2001) Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Ilham Jaya.

Stone, R. J. (2005) Human Resource Management, Fifth Edition. Milton: John Willey and Sons Australia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Suminar, Ratna, J., Soemirat, S., Ardianto, E. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sunarsi, D. (2016). Pengaruh Minat, Motivasi dan Kecerdasan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tahun Akademik 2015-2016). Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Program Pascasarjana Universitas Pamulang.

Sunyoto, D. & Burhanuddin. (2011). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CAPS.

Sweeney, P.D., & McFarlin, D.B. (2002). Organizational Behavior, Solution for Management. New York: Mc Graw-Hill.

Syah, M. (1995). Psikologi Belajar. PT Raja Grafinda Persada

Thomas, D.C., & Inkason, K. (2003). Cultural Intelegence. San Fracisco: Errett-Koeher Publisher Inc.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf, 30/10/2020

Veithzal, R. (2009). Islamic Human Capital, dari Teori ke Praktek: Manajemen Sumber Daya Islami, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widodo, E.S. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Jaya Media.

Wukir. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Jakarta: Multi Presindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Copyright of Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2541-2086

ISSN Online: 2776-0006

 

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com