Interpretasi Teks Berita Media Konflik Pangdam Jaya Dudung Abdurachman pada Pemberitaan “Ngopi Bareng Pangdam Jaya”

Sandra Olifia, Achmad Budiman Sudarsono

Abstract


Persoalan miskomunikasi yang terjadi antara Pangdam Jaya dan pendukung Habib Riziq Sihab (HRS) saat menurunkan baliho HRS menjadi pemberitaan media massa. Pro dan kontra tersebut, memunculkan konflik komunikasi antara Pangdam Jaya dan beberapa pendukung HRS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interpretasi teks yang ada pada media online di Indonesia terkait hal tersebut. Peneliti menggunakan teori konstruksi realitas sosial sebagai pisau analisis di dalam melihat teks pemberitaan yang ditulis oleh media. Peneliti mencoba menginterpretasi teks tersebut ke dalam pemikiran Paul Ricoeur yang membedah teks ke dalam lima tahapan: pesan dan medium, pesan dan pembaca, pesan dan pendengar, pesan dan tanda, pesan dan referensi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media memiliki sudut pandang yang berbeda di dalam menuliskan berita. Hal tersebut berdasarkan ideologi media tersebut.


Keywords


konflik, berita, teks

Full Text:

PDF

References


Bailey. R.H. (1988). Kekerasan dan Agresi. Suwargono (Penerjemah). Jakarta. Tira Pustaka

Bailey. R.H. (1989). Perenan Otak. Widyawartaya (Penerjemah). Jakarata. Tiara Pustaka.

Bungin, Burhan. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Depok. PT Raja Grafindo

Creswell. Jhon W. (2015). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset (Memilih Diantara Lima Pendekatan). Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Denzin, Norman K & Yvonna S. Lincoln. (2009). The Sage Handbook of Qualitativ Research. Yogyakarta. Penerbit Pustaka Pelajar

Deutsch. M. (2006). Cooperation and Competition. Handbook of Conflict Resolution, Theory and Practice (Second Edition). San Francisco. Jossey-Bass.

Fisher. R. J. (2006). Intergroup Conflict, Dalam Morton Deutsch, Peter T. Coleman, dan Eric C. Marcus. Handbook of Conflict Resolution, Theory and Practice. San Fransisco. Jossey-Bass.

Fajar, P. D. (2016). Teori-Teori Komunikasi Konflik: Upaya Memahami Memetakan Konflik. Malang: UB Press.

Furchan, A. (2004). Pengantar Penelitian Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta. Penerbit Pustaka Pelajar

Herdiansyah. H. (2013). Wawancara Obervasi, Dan Fokus Group Sebagai Instrumen Penggalian dan Kualitatif. Jakarta. Rajawali Press

Holstein & Gubrium. (1998). Phenomenology, Etnomethology, and Interpretiv Practice. Dalam Denzin & Lincoln. Strategies of Qualitative Inquiry. Thousand Oaks: Sage.

Indra. Pratama Bayu. (2017). Etnografi Dunia Maya Internet. Malang. UB Press

Krippendorff, K. (2008). Cybernetics. Dalam Wolfgang Donsbach. International Encylopedia of Communication: 1152 -1159. Malden: Blackwell Publishing.

Lewiciki, R. J. (2006). Trust, Trust Development, and Trust Repair. Dalam Morton Deutsch, Peter T. Coleman, dan Eric C. Marcus. Handbook of Conflict Resolution, Theory and Practice. San Fransisco. Jossey-Bass.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Lindner, E. G. (2006). Emotion and Conflict: Why it is Important to Understand How Emotions Affect Conflict and How Conflict Affects Emotions. Dalam Morton Deutsch, Peter T. Coleman, dan Eric C. Marcus. Handbook of Conflict Resolution, Theory and Practice. San Fransisco. Jossey-Bass.

Metts, S. & Gronkskopf, E. (2003). Impression Management: Goals, Strategies, and Skills. Dalam Jhon O. Greene dan Brant R. Burlesos. Handbook of Communication and Sosial Interaction Skill. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.

Neuman, W. Lawrence. (2013). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta. Penerbit Indeks

Putnam, L. L. (2019). Conflict Management and Mediation. Dalam William F. Eadie 21 ST Century Communication, Refrence Hadbook. Thousand Oak: Sage Publication.

Raffel, L. (2008). I Hate Conflict, Seven Step to Resolving Differende With Anyone in Your Life. New York. MCGraw Hill

Salim, Agus. (2006). Teori & Paradigma (Penelitian Sosial). Yogyakarta. Penerbit Tiara Wacana

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Penerbit Remaja Rosdakarya

West, Richard & Lynn H. Turner. (2017). Pengantar Teori Komunikasi Buku 1. Jakarta. Penerbit Salemba Humanika

Yuliawan, T. P. (2014). The Art of Enjoy Life. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Internet:

Aditya, N. R. & Meiliana, D. (21 November 2020). Penurunan Baliho oleh TNI, Dipertanyakan Urgensinya hingga Permintaan agar Tak Agresif. Dikutip 12 Agustus 2021 dari https://nasional.kompas.com/read/2020/11/21/08031921/penurunan-baliho-oleh-tni-dipertanyakan-urgensinya-hingga-permintaan-agar?page=all

menarhanud1-tniad.mil.id

Rizqo, K. A. (20 November 2020). Prajurit TNI Turunkan Baliho HRS, KSP Beberkan Operasi Militer Selain Perang. Dikutip 12 Agustus 2021 dari https://news.detik.com/berita/d-5263070/prajurit-tni-turunkan-baliho-hrs-ksp-beberkan-operasi-militer-selain-perang

Culler, Jonathan. (2006). Structuralist Poetics. London: Routledge Classics.

Edkins, Williams, Jenny & Nick Vaughn Williams. (2009). Teori-teori Kritis. Yogyakarta: Penerbit BACA.

Ida Rachmah. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Penerbit Prenada Group.

Littlejohn Stephen W & Karen A. (2016). Foss. Ensiklopedia Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.

McKee, Matthew, Martha Davis, dan Patrick Fanning. (2014). Messages: TheCommunication Skills Book. Oackland: New Harbinger Publications.

Poespowardojo, Soerjanto & Seren. (2016). Diskurs Teori-teori Kritis. Jakarta: Penerbit Kompas

Ricoeur Paul. (2012). Teori Interpretasi; Membelah Makna dalam Anatomi Teks. Yogyakarta: Penerbit DIVA Press.

Sobur Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thwaites Tony, Davis, Lloyd. (2002). Introducing Culture and Media Studies. Yogyakarta: Penerbit Jalasutra.

Wazis Gallois, Cynthia, Victor J. Callan, dan Julie-Anne Mckenzie Palmer. (2018). The Influence of Applicant Communication Style and Interviewer Characteristics on Hiring Decisions.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimk.v6i2.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Copyright of Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi
Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta | Telepon: (0274) 561531, 562513 | Fax: (0274) 623537 | Email : multkom@mmtc.ac.id
e-ISSN 2541-2086 | p-ISSN 2776-0006

Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License