Representasi Visual dalam Penyutradaraan Dokumenter Televisi “Middle Ground”

Oriza Cresentia, Dina Dwika Oktora

Abstract


Karya ini mengangkat isu sosial yang ada melalui format program dokumenter televisi. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penciptaan karya produksi dokumenter Middle Ground bertujuan untuk menghasilkan program dokumenter televisi yang dikembangkan melalui representasi visual untuk membangun imajinasi penonton terhadap penyampaian informasi yang akan disajikan. Sebagai sutradara, menitikberatkan pada penerapan representasi visual pada program dokumenter televisi Stereotype episode Middle Ground melalui sign atau symbol dalam visual dengan memperhatikan keselarasan teknik pengambilan gambar dan teknik penyuntingan gambar yang dinamis, agar terciptanya visualisasi gambar yang menarik tanpa menghilangkan fakta yang ada. Hasil akhir dari program ini bertujuan memberikan pesan tentang sebuah kompromi yang harus dicapai untuk memuaskan situasi antara anak dan orang tua.


Keywords


dokumenter televisi, stereotype, representasi tanda

Full Text:

PDF

References


Ayawaila, Gerzon R. 2008. Dokumenter: Dari Ide sampai Produksi. Jakarta: FFTV-IKJ Press.

Barthes, Roland. 1964. Elements of Semiology. Paris: Jonathan Cape Ltd.

Cobley, Paul dan Jansz, Litza (2004. Introducing Semiotics. Royston: Icon Books.

Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesiatera. Mabruri, Anton. 2018. Produksi Program TV Non-Drama. Jakarta: Gramedia Naratama. 2004. Menjadi Sutradara Televisi. Jakarta: Grasindo.

Naratama .2004. Menjadi Sutradara Televisi: Dengan Single dan Multi-Camera. Jakarta: PT. Grasindo. Nichols, Bill. 1991. Representing Reality: Issues and Concepts in Documentary.

Rabiger, Michael. 2004. Directing the Documentary. Burlington: Focal Press. Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Jakarta: Pinus Book Publisher.

Internet:

Witono, Petrus Hepi. 2020. Prasangka, Etnosentrisme dan Stereotypes. https://binus.ac.id/character-building/2020/05/obras-obrolan-santai- bareng-mahasiswa/ diakses pada tanggal 4 Februari 2021.

http://satrioarismunandar6.blogspot.com/2008/11/produksi-feature- dan-dokumenter-untuk.html diakses pada tanggal 18 Februari 2021.

Jatmiko, Lilik. 2021. Pergerakan Dasar dalam Operasional Kamera. https://lilik.id/pergerakan-dasar-kamera/ diakses pada tanggal 2 April 2021.

Nurimba, Yeyen (2020). Pesan Moral dalam Iklan Televisi, Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Rokok Apache Versi Hidup Gue Carag Gue. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/10866-Full_Text.pdf di akses pada 18 Februari 2021.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimk.v7i1.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Copyright of Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2541-2086

ISSN Online: 2776-0006

 

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com