Perancangan Gim “Project Electrorace” sebagai Media Sosialisasi Kendaraan Listrik untuk Mengurangi Pencemaran Udara

Alvian Gilang Sagita

Abstract


Pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil menjadi masalah besar yang dihadapi perkotaan di seluruh dunia. Seiring dengan kemajuan sains dan teknologi muncul terobosan baru yang menjawab solusi transportasi yang efektif dan ramah lingkungan. Contohnya adalah kendaraan listrik. Masih asingnya masyarakat Indonesia dengan kendaraan listrik dan biaya yang mahal membuat mereka enggan untuk beralih karena selain dirasa lebih hemat dari kendaraan listrik, masyarakat sudah lebih terbiasa menggunakan kendaraan konvensional. Gim dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk mengenalkan kendaraan listrik, sehingga dibuatlah Gim Project Electrorace. Penciptaan gim dilakukan melalui 3 tahap: pra-poduksi, produksi, dan pasca produksi. Gim ini memuat materi yang berisi pengenalan dasar seputar kendaraan listrik mulai dari jenis, komponen, dan teknologi kendaraan listrik yang disampaikan dengan bentuk teks, visual, dan gameplay. Dalam gim ini, selain untuk menjadi yang tercepat, pemain juga harus dapat memanajemen daya kendaraan agar tidak habis sampai balapan berakhir. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan daya yang berbeda dengan kendaraan pada umumnya. Tingkat kesulitan pada gim ini ditentukan dari kelebihan dan kekurangan dari tiap jenis kendaraan dan lintasan yang pemain pilih. Terdapat 3 jenis kendaraan, yaitu compact, sport, dan racing. Lintasan dibangun dengan referensi perkotaan besar di Indonesia, yakni Jakarta dan Yogyakarta. Hasil uji coba membuktikan bahwa gim Project Electrorace cukup mampu dalam menghadirkan materi seputar kendaraan listrik agar dapat dikenalkan kepada masyarakat awam yang dikemas dengan menggunakan media gim. Kemudian dapat disimpulkan bahwa gim ini telah dapat cukup diterima sebagai media sosialisasi kendaraan listrik.


Keywords


kendaraan listrik, perancangan gim, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Buku:

Rogers, S. (2010). Level Up! The Guide to Great Video Gim Design. Hoboken: John Wiley & Sons, Ltd.

Asmiatun, S. & Putri, A. N. (2017). Belajar Membuat Gim 2D dan

D Menggunakan Unity. Yogyakarta: Deepublish.

Jurnal:

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 Rao). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2), hlm 107-118. Padang: Universitas Negeri Padang.

Un-Noor, F., Padmanaban, S., Mihet-Popa, L., Mollah, M. N., & Hossain, E. (2017). A comprehensive Study of Key Electric Vehicle (EV) Components, Technologies, Challenges, Impacts, and Future Direction of Development. Energies, 10(1217).

Septiko, W. A., Akbar, M. A., & Afirianto, T. (2018). Pengembangan Game Edukasi Platformer Kisah Gajah Mada Menyatukan Nusantara Menggunakan Metode Iterative With Rapid Prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), hlm 5983-5989. Malang: Universitas Brawijaya.

Internet:

Ilmugeografi.com. 10 Penyebab Pencemaran Udara dan Dampaknya. Dikutip 8 Februari 2020 dari https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/udara/penyebab-pencemaran-udara.

Child, D. (6 Maret 2019). India Has The World's Worst Air Pollution: Report. Dikutip 8 Februari 2020 dari https://www.aljazeera.com/news/2019/03/india-world-worst-air-pollution-report-190305151923982.html.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimk.v5i1.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Copyright of Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi

Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

ISSN Print: 2541-2086

ISSN Online: 2776-0006

 

Alamat:

Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta

Telepon: (0274) 561531, 562513

Fax: (0274) 623537

Email: tri.anggraeni@gmail.com