Pilihan Media Dalam Pembentukan Karakter Budaya Bangsa Masyarakat Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Sudarman Sudarman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pilihan media dalam pembentukan karakter budaya bangsa. Berkembangnya media massa adalah bagian yang tidak lepas dari penyumbang pembentukan karakter budaya bangsa. Karakter masyarakat dewasa ini condong pada perilaku yang merusak tatanan kehidupan baik dalam keluarga maupun di masyarakat. Media massa banyak memainkan peran dalam perubahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan menunjukkan dari 12 informan, 10 diantaranya menyatakan bahwa media massa yang paling sesuai dalam menanamkan nilai-nilai dan pembentukan watak/karakter budaya bangsa adalah media massa televisi konvensional, khususnya TVRI (Televisi Republik Indonesia). Namun demikian media massa seperti televisi swasta nasional maupun televisi lokal juga menjadi konsumsi masyarakat Desa Srumbung. Televisi swasta nasional dan TVRI sama-sama memberikan  atau menyumbangkan peran dalam pembentukan karakter budaya masyarakat, walaupun caranya berbeda dengan tradisi yang ada atau melalui konstruksi budaya yang ditanamkan oleh TVRI.


Keywords


pilihan media, media massa, pembentukan karakter, budaya

Full Text:

PDF

References


Ambar. (2017). Teori Komunikasi Massa. Dipetik dari https://pakarkomunikasi.com.

Anwas, O. M. (2011). Membangun Media Massa Publik dalam Menanamkan Karakter. Dipetik 13 Juni 2019 dari https://www.researchgate.net/publication.

Ayu, A. S. (2019). Peran dan Fungsi Media Massa yang Penting bagi Khalayak. Dipetik 27 November 2019 dari https://hot.liputan6.com.

Hancara. (2017). Naskah/Isi Teks Sumpah Pemuda Versi Asli dan Versi Ejaan Baru yang Benar. Dipetik 12 Maret 2018 dari http://www.hancara.net.

Jalaludin. (2012). Membangun SDM Bangsa melalui Pendidikan Karakter. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Dipetik 11 April 2018 dari http://jurnal.upi.edu/file/jalaludin.pdf.

Kartasapoetra & Hartini. (2007). Kamus Sosiologi dan Kependudukan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulia, S. M. (2013). Karakter Manusia Indonesia, Butir-butir Pendidikan Karakter untuk Generasi Muda. Bandung: Nuansa Cendekia.

Miles, M. B., Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Ramadhani, Lestari, A. E., Fitriani, D., Botifar, M. & Fahrudin. (2017). Hakikat Analisis Wacana. Dipetik 7 Juni 2018 dari http://www.tokolaksita.com.

Profil Desa Srumbung, Desa Srumbung, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 2019.

Romli. (2012). Media Massa, Makna, Karakter, Jenis, Fungsi, dan Peran. Dipetik 21 Mei 2019 dari https://romeltea.com.

Santoso, J. (2012). Rencana Pembelajaran dan Metode Pembelajaran serta Model Evaluasi Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan – Kurikulum Perguruan Tinggi Berbasis Kompetensi, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Wening, S. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa melalui Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), Februari 2012.

Zulkarnain, I. (2010). Media Televisi dan Pembangunan Karakter Bangsa. Dipetik dari https://inspirasitabloid.wordpress.com.




DOI: https://doi.org/10.56873/jimk.v5i1.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Copyright of Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi
Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta | Telepon: (0274) 561531, 562513 | Fax: (0274) 623537 | Email : multkom@mmtc.ac.id
e-ISSN 2541-2086 | p-ISSN 2776-0006

Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License