Anak-Anak dan Rintik Hujan di Kebun Binatang: Komodifikasi Anak-Anak dalam MV “Kebun Binatang Saat Hujan†di kanal YouTube JKT48

Penulis

  • Agung Lokananta Lutvi Magister Kajian Budaya dan Media, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimik.v9i1.530

Kata Kunci:

JKT48, YouTube, Music Video, komodifikasi anak, ekonomi politik

Abstrak

Penelitian ini mengkaji music video "JKT48 New Era Special Performance Video - Kebun Binatang Saat Hujan" yang diunggah di platform YouTube, menggunakan metode Multimodal Critical Discourse Analysis (MCDA) dari Kress dan van Leeuwen dan perspektif ekonomi politik dalam konteks media digital. Fokus utama analisis adalah potensi komodifikasi anak dalam budaya pop dan industri hiburan dalam ranah media digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MV tersebut mencerminkan upaya JKT48 untuk memperluas basis penggemar digital melalui pendekatan yang lebih inklusif dan ramah anak dan keluarga. Namun, strategi ini juga memunculkan isu-isu etis terkait komodifikasi anak dalam ruang digital dan ambiguitas pesan akibat disonansi antara elemen visual yang berorientasi pada anak-anak dengan lirik lagu yang lebih dewasa. Penelitian ini menyoroti kompleksitas relasi antara kreativitas artistik, strategi pemasaran digital, dan tanggung jawab sosial dalam industri hiburan kontemporer. Lebih lanjut, studi ini menekankan pentingnya dialog kritis mengenai praktik-praktik etis dalam produksi dan konsumsi media hiburan digital, serta urgensi literasi media digital dalam era konvergensi media.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Artikel