Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Bukit Asam (PTBA) dalam Penanganan Pandemi Virus Corona di Indonesia
Abstract
Program-program corporate social responsibility (CSR) diharapkan dapat memberikan manfaat sosial bagi masyarakat maupun bagi internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi CSR PT Bukit Asam (PTBA) dalam penanganan pandemi virus corona di Indonesia. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur atau studi pusaka. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kepustakaan dan studi dokumentasi. Sedikitnya ada sembilan kegiatan dalam program CSR PT Bukit Asam untuk menangani pandemi virus corona di Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan bentuk implementasi CSR berupa community relations dengan sifat pemberian philantropy dan charity serta community empowerment dengan sifat pemberian citizenship.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqiela, Lin. Santoso Tri Raharjo. Risna Resnawaty. (2018). Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) El-Corpse. Share: Social Work Jurnal 8:215. doi: 10.24198/share.v8i2.20082.
Ardianto, Elvinaro. (2012). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Hasan, M. Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
https://sumsel.antaranews.com/berita/459964/bukit-asam-berdayakan-umkm-produksi-sedikitnya-30-ribu-masker
https://upperline.id/post/bantu-lawan-corona-bukit-asam-salurkan-pangan-dan-apd-ke-muara-enim-dan-lahat
Kartasasmita, G. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: PT Pustaka CIDESINDO.
Kriyantono, R. (2016). Public Relations Writing. Jakarta: Prenadamedia.
Maudi, S. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Jurnal Komunikasi 9:31–38.
Raharjo, ST. (2015). CSR: Relasi Dinamis Antara Perusahaan Multinasional Dengan Masyarakat Lokal. 3rd ed. Bandung: Unpad Press.
Rahmadani, Santoso Tri Raharjo, Risna Resnawaty. (2018). Fungsi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Share: Social Work Jurnal 8:203–10. doi: 10.24198/share.v8i2.20081.
Riduawan. (2006). Metode & Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: Alfabeta Robbins.
Saidi, Alfabeta. Hamid Abidin. (2004). Menjadi Bangsa Pemurah: Wacana Dan Praktek Kedermawanan Sosial Di Indonesia. Jakarta: Piramedia.
Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep Dan Aplikasi CSR. Gresik: Fasco Publishing.
www.ptba.co.id. (2020). Berita CSR dan Lingkungan. PT. Bukit Asam. Retrieved (http://www.ptba.co.id/id/berita/csr-dan-lingkungan).
DOI: https://doi.org/10.56873/jimk.v6i1.108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright of Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi
Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta | Telepon: (0274) 561531, 562513 | Fax: (0274) 623537 | Email : multkom@mmtc.ac.id
p-ISSN 2541-2086 | e-ISSN 2776-0006
Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License |