PERANCANGAN DAN PENERAPAN APLIKASI TECHNOPRENEURSHIP DENGAN MENERAPKAN E-COMMERCE PADA UMKM GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING (STUDI KASUS PADA UMKM TOKO DEDE GORDYN)
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimk.v3i2.240Keywords:
UMKM, E-Commerce, CMS prestashop, marketingAbstract
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are one of the factors that influence economic growth in Indonesia. Problems often faced by MSMEs are difficulties in marketing products. Toko Dede Gordyn located in Yogyakarta is a UMKM that sells various types of curtains and accessories. Data management systems, both product data and sales data and marketing activities are still carried out in the conventional way. This marketing system also has a big disadvantage, that is marketing is only local or around the area. This study aims to design and implement e-commerce technology in improving production marketing strategies. E-commerce technology is built using website-based applications. This application uses prestashop CMS tools so that businesses can promote business results easily. This study uses a prototype test with the aim to find out whether the prototype made has met the needs of users. The results of this test describe the advantages of a new system compared to the old system. The conclusion of the results of this study is that the existence of e-commerce applications can introduce existing products in the Dede Gordyn Store so that it can increase the number of sales.Downloads
References
Adrian Peter Widodo,dkk. (2014). Perancangan Website E-Commerce Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Produk Pada Toko Mebel Dengan Menggunakan Tool Opencart (Studi Kasus Di Toko Mebel Fortuna). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri Teknik
Industri Universitas Brawijaya (Vol. 2 No. 6).
Fauyhi Eko Nugroho. 2016. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Jurnal Simetris. (Vol 7 No.2 November 2016) ISSN: 2252-4983.
Ladjamudin, Al Bahra bin. (2005). Analisis dan Desain sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Laudon,J. & Laudon,K.C. (1998). Essential of Management Information System. New Jersey: Prentice Hall.
Maulana, Miftah S.Susilo, H & Riyadi, (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus
Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). (Vol 29 No.1 Desember 2015) Perpres Nomor 74 Tahun 2017
Prestashop SA. 2008. Dikutip dari https://www.prestashop.com/en/about-us.
Purbo, O. W. & Wahyudi, A. A. (2011). Mengenal E-Commerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Simarmata,Janner. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak .Yogyakarta: Andi.
Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Hak Cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Multimedia sebagai otoritas untuk menerbitkan artikel dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, yang memungkinkan artikel untuk dibagikan dengan sepengetahuan penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasi.
2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (misalnya: pada repositori universitas atau buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Option.
3. Penulis diperbolehkan memposting karyanya secara online (misalnya: di situs pribadi atau di repositori universitas) sebelum dan sesudah proses penyerahan (lihat Pengaruh Akses Terbuka)

