Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi memiliki fokus di bidang multimedia dan komunikasi, seperti tetapi tidak terbatas pada teknik produksi dan pendistribusian audio video, teknik animasi dan game, desain dan pengembangan sistem informasi (web/mobile ), media interaktif, desain grafis, fotografi, industri media, periklanan, dan komunikasi pemasaran.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

  1. Penerbit menerima artikel yang belum pernah diterbitkan pada media lain.
  2. Setiap artikel yang masuk akan direview oleh 1 orang Mitra Bestari dengan double-blind peer review.
  3. Artikel yang telah selesai direview dikembalikan kepada penulis untuk direvisi selama 4 minggu.
  4. Keputusan untuk menerbitkan, memperbaiki, atau menolak artikel didasarkan  pada rekomendasi dari Mitra Bestari.

 

Publication Frequency

Jurnal Ilmiah Multimedia dan Komunikasi terbit dua kali per tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Penyaringan Plagiarisme

Setiap artikel yang di-submit di jurnal ini harus sudah dicek similarity dan yang similar diusahakan kurang dari 5%.

Hasil similarity harus diunggah ketika men-submit artikel jurnal.

 

Etika Publikasi dan Pernyataan Malpractice

Mengacu Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah,

  1. Publikasi ilmiah adalah hasil karya pemikiran seseorang atau sekelompok orang, setelah melalui penelaahan ilmiah, disebarluaskan dalam bentuk karya tulis ilmiah, antara lain berupa: jurnal, buku, prosiding, laporan penelitian, makalah, dan poster ilmiah.
  2. Kode Etika Peneliti adalah acuan moral yang berlaku secara nasional bagi peneliti di unit penelitian dan pengembangan (litbang) dalam melaksanakan penelitian dan memublikasikan hasil penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemanusiaan.
  3. Pengelola Jurnal Ilmiah adalah suatu institusi yang mempublikasikan naskah ilmiah yang telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah dan etik, Hak Kekayaan Intelektual, dan mempromosikan serta menjamin keberlanjutan penerbitan jurnal.
  4. Editor Jurnal Ilmiah adalah seseorang yang mengkoordinasikan peran dan fungsi pengarang, mitra bestari, dan pengelola jurnal dalam proses mempublikasikan karya tulis berdasarkan kaidah ilmiah dan etik.
  5. Mitra Bestari Jurnal Ilmiah adalah seseorang yang membantu editor untuk menelaah secara kritis substansi karya tulis ilmiah sesuai dengan bidang kepakarannya.
  6. Pengarang Jurnal Ilmiah adalah seseorang yang menuangkan hasil-hasil pemikiran dan/atau penelitian dan pengembangannya dalam bentuk karya tulis yang telah memenuhi persyaratan kaidah ilmiah dan etik.

Kode Etika Publikasi Ilmiah bertujuan untuk membantu Pengelola Jurnal Ilmiah dalam hal:

  1. meningkatkan mutu jurnal ilmiah sesuai dengan baku mutu jurnal ilmiah internasional; dan
  2. membantu Pengelola Jurnal Ilmiah dalam menerapkan nilai etik publikasi, yaitu: kenetralan, keadilan, dan kejujuran. 

Kode Etika Publikasi Ilmiah berlaku bagi Pengelola Jurnal Ilmiah dan berfungsi sebagai acuan kendali pengelolaan jurnal ilmiah dalam pelaksanaan kegiatan Publikasi Ilmiah.

Kode Etika Publikasi Ilmiah berkenaan dengan kinerja dan kerja penelitian ilmiah yang sesuai dengan kaidah-kaidah etik dalam penelitian dan ilmu pengetahuan. 

Kode Etika Publikasi Ilmiah ini intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Dengan berpegang pada tiga nilai etik tersebut, Kode Etika Publikasi Ilmiah ini membimbing pengelola, editor, mitra bestari, pengarang dan sponsor/pihak ketiga dalam sister publikasi jurnal ilmiah untuk senantiasa mematuhi kode etika, mengikuti standar dan menerima tanggung jawab praktik-praktik pengelolaan publikasi ilmiah yang baik sebagaimana diulas dalam empat kelompok berikut ini.

  • Pertama, praktik-praktik yang berkaitan dengan tugas pengelola jurnal ilmiah yaitu membuat kebijakan dan program publikasi, memfasilitasi pekerjaaan editor dan mitra bestari, menghormati keputusan editor dan mitra bestari, serta menetapkan sponsor dan pihak ketiga. Dalam praktik penerbitan, pengelola berkewajiban menjamin penerbitan yang memenuhi Kode Etika Publikasi Ilmiah secara utuh. Dalam hal praktik­praktik yang berkaitan dengan pecan sponsor, ditekankan agar sponsor dan pihak ketiga tidak meminta imbalan apapun dan tidak memengaruhi kebijakan dan program pengelola jurnal.
  • Kedua, praktik-praktik dalam tugas editor, yaitu membuat keputusan publikasi karya tulis, mengatur penelaahan karya tulis, serta menjamin kewajaran hasil penelaahan karya tulis, kerahasiaan isi karya tulis, dan kebersihan dan penyalahgunaan karya tulis.
  • Ketiga, praktik-praktik dalam tugas mitra bestari, yaitu melakukan penelaahan baik secara tertutup atau secara terbuka, memeriksa keakuratan dan kebenaran sumber data dan rujukan, ketepatan konsep, dan keobjektifan isi karya tulis, serta melaksanakan penelaahan dengan netral.
  • Keempat, editor memeriksa praktik-praktik berkaitan dengan tugas pengarang yaitu standar kepengarangan karya tulis, pernyataan keaslian isi karya tulis, pendeteksian kemungkinan duplikasi karya tulis, kelengkapan pengakuan sumbangan, pernyataan kepengarangan, dan pernyataan sumber pendanaan.

Isi dan segala pernyataan dalam artikel pada jurnal ini merupakan tanggung jawab penulis.

 

Author Fees

Penerbitan artikel pada jurnal ini tidak dikenakan biaya.