Pengaruh Kualitas Situs Web Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Masyarakat Kota Yogyakarta

Penulis

  • Guntur Akhmad Zulkarnain Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta
  • Diana Khuntari Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta https://orcid.org/0000-0003-3441-4263
  • Arum Marwati Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimk.v9i2.340

Kata Kunci:

Kualitas, Situs Web, Kepuasan, Pengguna

Abstrak

Dalam era kemajuan teknologi, transformasi sistem informasi mempengaruhi pelayanan publik, termasuk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta. Situs web Dindukcapil berperan penting dalam penyampaian informasi dan layanan administrasi, namun rating rendah menunjukkan ketidakpuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan menilai pengaruh kualitas situs web Dindukcapil terhadap kepuasan pengguna di Yogyakarta, menggunakan teori Webqual 4.0 yang mencakup dimensi kualitas keterpakaian, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan, serta teori kepuasan pengguna yang meliputi kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, dan ketersediaan merekomendasikan. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian lain yaitu memiliki kontribusi unik dengan menyoroti secara spesifik pengaruh kualitas situs web Dindukcapil terhadap kepuasan pengguna layanan publik di tingkat pemerintahan daerah. Metode kuantitatif deskriptif dengan kuesioner daring dianalisis menggunakan SPSS versi 26 melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear sederhana, dan uji T. Hasil menunjukkan kualitas situs web berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 54.4%, sementara 45.6% dipengaruhi variabel lain. Saran terhadap Dindukcapil dari hasil penelitian ini adalah mengevaluasi dan memperbaiki konten situs web dengan meningkatkan SEO, personalisasi pengguna, keamanan, reputasi, serta menyediakan kolom kritik dan saran untuk memperkuat keterlibatan dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Admin Capil. (2023). Beranda - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta. https://dindukcapil.jogjakota.go.id/

Admin Warta. (2023). Pemkot Yogya Jadi Contoh Inovasi Digitalisasi Layanan Publik. https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/28326

Aripin, D. (2022). Evaluasi Kualitas Website Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 7(1). https://doi.org/10.37438/jimp.v7i1.415

Fatrida, D., Didi Yunaspi, Ulfa Suryani, & Yola Yolanda. (2023). Strategi Pelayanan Keperawatan untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien. Adab.

Frandika Septa, & Rusydi Umar. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Government menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus: Website Simsarpras Kementerian Agama). METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputersisasi Akuntansi , 3(2), 127–135.

Indrasari, M., & Press, U. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. https://books.google.co.id/books?id=PYfCDwAAQBAJ

Mashuri, C., Putra, R. A. Y., & Putri, U. S. (2022). Monograf Aplikasi Pembelajaran Daring Dengan Learning Management System (Studi Kasus: Evaluasi Usability Testing dan WebQual 4.0).

Pohwain, B. K., Marlina, S., & Yunita, N. (2022). Analisis Kualitas Website dan Kepuasan Nasabah Terhadap CMS (Cash Management System) dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknik Komputer, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.31294/jtk.v8i1.11594

Rusi, I. (2022). Implementasi Webqual dan End-User Computing Satisfaction untuk Menganalisis Kualitas dan Kepuasan Pengguna Website. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(2), 154–161. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1244

Sari, A. O., & Abdilah, A. (2019). Web Programming. Graha Ilmu.

Sawlani, D. K., & SE, M. (2021). Keputusan pembelian online: kualitas website, keamanan dan kepercayaan. Scopindo Media Pustaka.

StatCounter. (2022). Desktop vs Mobile vs Tablet Market Share Worldwide - February 2022. https://gs.statcounter.com/platformmarket-share/desktop-mobiletablet/worldwide/#monthly-201112- 202002

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. In Bandung: Cv. Alfabeta. Alfabeta.

Tjiptono. (2019). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. In Yogyakarta: Penerbit ANDI. ANDI.

Webqual. (2022). Indicators Webqual. webqual.co.uk

Wibowo, I., & Stefani, L. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai Den Bei Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2). https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i2.287

Wulandari, E. R., Rizal, E., & Lusiana, E. (2021). Pengaruh kualitas website Kandaga terhadap kepuasan pengguna Perpustakaan Pusat Universitas Padjadjaran. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 79. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.29146

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Zulkarnain, G. A., Khuntari, D., & Marwati, A. (2024). Pengaruh Kualitas Situs Web Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 9(2), 51-64. https://doi.org/10.56873/jimk.v9i2.340

Artikel Serupa

1-10 dari 14

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.