Pengaruh Kualitas Situs Web Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Masyarakat Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimk.v9i2.340Kata Kunci:
Kualitas, Situs Web, Kepuasan, PenggunaAbstrak
Dalam era kemajuan teknologi, transformasi sistem informasi mempengaruhi pelayanan publik, termasuk di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta. Situs web Dindukcapil berperan penting dalam penyampaian informasi dan layanan administrasi, namun rating rendah menunjukkan ketidakpuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan menilai pengaruh kualitas situs web Dindukcapil terhadap kepuasan pengguna di Yogyakarta, menggunakan teori Webqual 4.0 yang mencakup dimensi kualitas keterpakaian, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan, serta teori kepuasan pengguna yang meliputi kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, dan ketersediaan merekomendasikan. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian lain yaitu memiliki kontribusi unik dengan menyoroti secara spesifik pengaruh kualitas situs web Dindukcapil terhadap kepuasan pengguna layanan publik di tingkat pemerintahan daerah. Metode kuantitatif deskriptif dengan kuesioner daring dianalisis menggunakan SPSS versi 26 melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear sederhana, dan uji T. Hasil menunjukkan kualitas situs web berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 54.4%, sementara 45.6% dipengaruhi variabel lain. Saran terhadap Dindukcapil dari hasil penelitian ini adalah mengevaluasi dan memperbaiki konten situs web dengan meningkatkan SEO, personalisasi pengguna, keamanan, reputasi, serta menyediakan kolom kritik dan saran untuk memperkuat keterlibatan dan mendengarkan aspirasi masyarakat.Unduhan
Referensi
Admin Capil. (2023). Beranda - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta. https://dindukcapil.jogjakota.go.id/
Admin Warta. (2023). Pemkot Yogya Jadi Contoh Inovasi Digitalisasi Layanan Publik. https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/28326
Aripin, D. (2022). Evaluasi Kualitas Website Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 7(1). https://doi.org/10.37438/jimp.v7i1.415
Fatrida, D., Didi Yunaspi, Ulfa Suryani, & Yola Yolanda. (2023). Strategi Pelayanan Keperawatan untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien. Adab.
Frandika Septa, & Rusydi Umar. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Government menggunakan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus: Website Simsarpras Kementerian Agama). METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputersisasi Akuntansi , 3(2), 127–135.
Indrasari, M., & Press, U. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. https://books.google.co.id/books?id=PYfCDwAAQBAJ
Mashuri, C., Putra, R. A. Y., & Putri, U. S. (2022). Monograf Aplikasi Pembelajaran Daring Dengan Learning Management System (Studi Kasus: Evaluasi Usability Testing dan WebQual 4.0).
Pohwain, B. K., Marlina, S., & Yunita, N. (2022). Analisis Kualitas Website dan Kepuasan Nasabah Terhadap CMS (Cash Management System) dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknik Komputer, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.31294/jtk.v8i1.11594
Rusi, I. (2022). Implementasi Webqual dan End-User Computing Satisfaction untuk Menganalisis Kualitas dan Kepuasan Pengguna Website. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(2), 154–161. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1244
Sari, A. O., & Abdilah, A. (2019). Web Programming. Graha Ilmu.
Sawlani, D. K., & SE, M. (2021). Keputusan pembelian online: kualitas website, keamanan dan kepercayaan. Scopindo Media Pustaka.
StatCounter. (2022). Desktop vs Mobile vs Tablet Market Share Worldwide - February 2022. https://gs.statcounter.com/platformmarket-share/desktop-mobiletablet/worldwide/#monthly-201112- 202002
Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. In Bandung: Cv. Alfabeta. Alfabeta.
Tjiptono. (2019). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. In Yogyakarta: Penerbit ANDI. ANDI.
Webqual. (2022). Indicators Webqual. webqual.co.uk
Wibowo, I., & Stefani, L. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai Den Bei Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2). https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i2.287
Wulandari, E. R., Rizal, E., & Lusiana, E. (2021). Pengaruh kualitas website Kandaga terhadap kepuasan pengguna Perpustakaan Pusat Universitas Padjadjaran. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 79. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.29146
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Hak Cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Multimedia sebagai otoritas untuk menerbitkan artikel dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, yang memungkinkan artikel untuk dibagikan dengan sepengetahuan penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasi.
2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (misalnya: pada repositori universitas atau buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Option.
3. Penulis diperbolehkan memposting karyanya secara online (misalnya: di situs pribadi atau di repositori universitas) sebelum dan sesudah proses penyerahan (lihat Pengaruh Akses Terbuka)
