Penerapan Teknik Drum Miking Pada Program Music Show Sound Session
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimk.v9i2.344Kata Kunci:
Music show program, Miking techniques, Stereo miking techniquesAbstrak
Program music show merupakan salah satu program acara hiburan yang mengulas tentang musik di televisi. Acara ini menyajikan penampilan music seseorang (Solo) atau beberapa orang (Grup) dan berbincang dengan bintang tamu dengan tujuan untuk kebutuhan khalayak. Dalam hal ini penulis menemukan beberapa karya music show yang belum menerapkan teknik miking dan teknik stereo miking pada instrumen drum, sehingga microphone tidak bisa menangkap suara yang dikeluarkan oleh sumber suara dengan maksimal. Penulis menggunakan metode teknik miking dan stereo miking pada karya music show Sound Session. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan tata suara yang berkualitas dengan menerapkan teknik miking meliputi teknik pemilihan, penempatan microphone dan menerapkan teknik stereo miking. Hasil analisis, setelah menerapkan teknik pemilihan, penempatan microphone dan teknik stereo miking pada instrumen drum maka tercapailah tujuan dari program musik yang mempunyai hasil kualitas audio yang selaras dan harmonis, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan bisa dinikmati oleh audience.Unduhan
Referensi
Huber, D. M., & Runstein, R. E. (2005). Modern recording techniques. Focal Press.
Latief, R., & Utud, Y. (2017). Kreatif Siaran Televisi. Prenadamedia Group.
Ronaldo, C. (2019). Teknik Audio (4th ed.). Teras.
Wahyudin, A., Sunarsa, Karna, Subechi, I., & Wulandari, Y. (2022). Pelatihan Produksi Audio visual dan Master of Ceremony bagi Santri Pondok Pesantren Nurul Huda, Sragen. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i1
Wulandari, Y., & Wahyudin, A. (2021). Strategic analysis of “Lintas Denpasar Pagi†radio program at Radio Republik Indonesia Denpasar in serving public interest. The Indonesian Journal of Communication Studies, 14(32), 31–43. https://doi.org/http://doi.org/10.31315/ijcs.v14i1.5056
Wulandari, Y., & Wahyudin, A. (2024). The Transformation Strategy of Radio Republik Indonesia in Attracting Interest of the Youth: Case Study of RRI Central Java. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 40(2), 75–91. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2024-4002-05
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Hak Cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Multimedia sebagai otoritas untuk menerbitkan artikel dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, yang memungkinkan artikel untuk dibagikan dengan sepengetahuan penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasi.
2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (misalnya: pada repositori universitas atau buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Option.
3. Penulis diperbolehkan memposting karyanya secara online (misalnya: di situs pribadi atau di repositori universitas) sebelum dan sesudah proses penyerahan (lihat Pengaruh Akses Terbuka)
