Penciptaan Daya Tarik Visual dengan Menerapkan Komposisi Gambar dalam Produksi Program Musik Televisi “Weskaâ€

Penulis

  • Mohammad Fikri Fadlilah Sekolah Tinggi Multi Media, Yogyakarta, Indonesia
  • Dina Dwika Oktora Sekolah Tinggi Multi Media, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimk.v10i1.493

Kata Kunci:

Komposisi Visual, Produksi Program Musik Televisi, Elemen Komposisi Gambar

Abstrak

Produksi program musik televisi ini berfokus pada penerapan komposisi visual untuk menciptakan daya tarik yang optimal. Proses penciptaan karya dilakukan melalui tiga tahapan produksi, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Dalam penerapannya, penulis menggunakan berbagai elemen komposisi gambar, seperti headroom, look room, rule of thirds, dan camera angle. Penerapan elemen-elemen ini bertujuan untuk menciptakan keseimbangan visual serta menghasilkan tampilan yang menarik bagi penonton. Penerapan prinsip-prinsip komposisi dalam Produksi Program music Televisi "Weska" mampu menciptakan daya Tarik visual dan meningkatkan kualitas visual dan pengalaman menonton, baik dalam konteks pertunjukan musik maupun interaksi langsung antara musisi dan audiens.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Bannisa, G., & Oktora, D. D. (2022). Strategi Promosi Program Drama Televisi “One Last Change†Melalui Sosial Media Instagram. Jurnal Sense, V. https://journal.isi.ac.id/index.php/sense/article/view/6998

Chua, P., Makris, D., Herremans, D., Roig, G., & Agres, K. (2022). Predicting emotion from music videos: exploring the relative contribution of visual and auditory information to affective responses. 1–16. http://arxiv.org/abs/2202.10453

Cresentia, O., & Oktora, D. D. (2022). Representasi Visual dalam Penyutradaraan Dokumenter Televisi “Middle Ground†Visual Representation in the Directing of Television Documentary “Middle Ground.†19–32.

Gita Indah Larasati. (2017). Analisis Teknik Penyajian Program Music Show Kangen Tembang-Tembung Di AdiTV Yogyakarta (Periode 2017). Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Herdi. (2020). Perkembangan Program TV pada Era Revolusi Industri. LayaR: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 7(1), 39–46. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/layar/article/view/1746

Latief, R., & Utud, Y. (2015). Siaran Televisi Non-Drama: Kreatif, Produktif, Publik Relation, dan Iklan. PT. Adhitya Andrebina Agung.

Naratama. (2004). Menjadi sutradara televisi: dengan single dan multi camera. PT. Grasindo.

Narendra, F. E., & Susilawati. (2018). Variasi Shot Pada Produksi Feature Televisi Kilau Macapat Permata Jawa. Jurnal Ilmiah Teknik Studio, 4(1), 14–29. http://ojs.mmtc.ac.id/index.php/jits/article/view/26

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-08

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Fadlilah, M. F., & Oktora, D. D. (2025). Penciptaan Daya Tarik Visual dengan Menerapkan Komposisi Gambar dalam Produksi Program Musik Televisi “Weska”. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 10(1), 51-60. https://doi.org/10.56873/jimk.v10i1.493

Artikel Serupa

1-10 dari 37

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.