Penciptaan Daya Tarik Visual dengan Menerapkan Komposisi Gambar dalam Produksi Program Musik Televisi “Weskaâ€
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimk.v10i1.493Kata Kunci:
Komposisi Visual, Produksi Program Musik Televisi, Elemen Komposisi GambarAbstrak
Produksi program musik televisi ini berfokus pada penerapan komposisi visual untuk menciptakan daya tarik yang optimal. Proses penciptaan karya dilakukan melalui tiga tahapan produksi, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Dalam penerapannya, penulis menggunakan berbagai elemen komposisi gambar, seperti headroom, look room, rule of thirds, dan camera angle. Penerapan elemen-elemen ini bertujuan untuk menciptakan keseimbangan visual serta menghasilkan tampilan yang menarik bagi penonton. Penerapan prinsip-prinsip komposisi dalam Produksi Program music Televisi "Weska" mampu menciptakan daya Tarik visual dan meningkatkan kualitas visual dan pengalaman menonton, baik dalam konteks pertunjukan musik maupun interaksi langsung antara musisi dan audiens.
Unduhan
Referensi
Bannisa, G., & Oktora, D. D. (2022). Strategi Promosi Program Drama Televisi “One Last Change†Melalui Sosial Media Instagram. Jurnal Sense, V. https://journal.isi.ac.id/index.php/sense/article/view/6998
Chua, P., Makris, D., Herremans, D., Roig, G., & Agres, K. (2022). Predicting emotion from music videos: exploring the relative contribution of visual and auditory information to affective responses. 1–16. http://arxiv.org/abs/2202.10453
Cresentia, O., & Oktora, D. D. (2022). Representasi Visual dalam Penyutradaraan Dokumenter Televisi “Middle Ground†Visual Representation in the Directing of Television Documentary “Middle Ground.†19–32.
Gita Indah Larasati. (2017). Analisis Teknik Penyajian Program Music Show Kangen Tembang-Tembung Di AdiTV Yogyakarta (Periode 2017). Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Herdi. (2020). Perkembangan Program TV pada Era Revolusi Industri. LayaR: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 7(1), 39–46. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/layar/article/view/1746
Latief, R., & Utud, Y. (2015). Siaran Televisi Non-Drama: Kreatif, Produktif, Publik Relation, dan Iklan. PT. Adhitya Andrebina Agung.
Naratama. (2004). Menjadi sutradara televisi: dengan single dan multi camera. PT. Grasindo.
Narendra, F. E., & Susilawati. (2018). Variasi Shot Pada Produksi Feature Televisi Kilau Macapat Permata Jawa. Jurnal Ilmiah Teknik Studio, 4(1), 14–29. http://ojs.mmtc.ac.id/index.php/jits/article/view/26
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Hak Cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Multimedia sebagai otoritas untuk menerbitkan artikel dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, yang memungkinkan artikel untuk dibagikan dengan sepengetahuan penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasi.
2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (misalnya: pada repositori universitas atau buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Option.
3. Penulis diperbolehkan memposting karyanya secara online (misalnya: di situs pribadi atau di repositori universitas) sebelum dan sesudah proses penyerahan (lihat Pengaruh Akses Terbuka)
