Mekanisme Penayangan Creative Placement pada Master Control Room di Stasiun Televisi Metro TV

Authors

  • Arya Tangkas Stikom Yogyakarta
  • Hedwigis Herlila Carla Velly Stikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56873/jimk.v6i2.140

Keywords:

master control room, creative placement, Metro TV

Abstract

Master control room merupakan devisi yang memiliki peran sangat penting dalam penayangan acara siaran televisi agar siaran dapat diterima oleh masyarakat dengan baik. Salah satunya penayangan iklan grafis pada program acara siaran yaitu creative placement. Agar iklan creative placement dapat ditayangkan tanpa menutup informasi lain pada tayangan televisi dan dapat memenuhi permintaan pengiklan (client), maka perlu mekanisme yang tepat dalam penayangan creatif plecement. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penayangan creative placement pada master control room (MCR) di stasiun televisi Metro TV. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kelancaran penayangan creative placement maka sangat penting adanya koordinasi antar divisi untuk menentukan keputusan penayangan agar creative placement tetap dapat ditayangkan sesuai jadwal atau dibuat jadwal pengganti. Selain itu secara teknis, mekanisme penayangan creative placement harus dilakukan sesuai tahapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Burton, G. (2008). Media dan Budaya Popular. Yogyakarta: Jalasutra.

Galician, M. L. (2006). Handbook of Product Placement in The Mass Media: New Strategies in Marketing Theory, Practice, Trends and Ethics. Mumbai: Jaico Publishing House.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.

Sony, S. (2008). Menjadi Perancang Program TV Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Jurnal:

Wilbur, K.C. & Goeree, M.S. (2009). “Effects of Advertising and Product Placement on Television Audinceâ€. SSRN Electronic Journal , 10.2139/ssrn.1151507

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-15

How to Cite

Tangkas, A., & Velly, H. H. C. (2021). Mekanisme Penayangan Creative Placement pada Master Control Room di Stasiun Televisi Metro TV. Jurnal Ilmiah Multimedia Dan Komunikasi, 6(2). https://doi.org/10.56873/jimk.v6i2.140

Similar Articles

1-10 of 15

You may also start an advanced similarity search for this article.