Pengembangan Konten Media Sosial Instagram Desa Jabung Klaten untuk Meningkatkan Keterlibatan Audiens
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimk.v9i1.294Kata Kunci:
Strategi promosi, Dokumenter televisi, InstagramAbstrak
Saat ini, sebagian besar Pemerintah Desa sudah menggunakan media sosial untuk berbagi informasi seputar desa, memperkenalkan potensi yang ada di desa, serta menjalin interaksi dengan warga desa maupun masyarakat luas. Namun, Pemerintah Desa Jabung belum memiliki akun media sosial sebagai saluran informasi desa. Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk membuat akun media sosial guna mewujudkan salah satu misi desa. Penelitian ini membahas strategi konten pada media sosial utama Instagram Pemerintah Desa Jabung Klaten dengan tujuan untuk meningkatkan engagement. Strategi ini bertujuan agar potensi Desa Jabung semakin dikenal oleh masyarakat luas. Penulis memilih strategi yang sesuai dengan target audiens dan menggunakan komunikasi yang efektif dan menarik agar informasi dapat tersampaikan dengan baik serta terjalin interaksi dengan audiens. Strategi konten media sosial Instagram ini juga dirancang sesuai dengan kebutuhan khalayak, terutama warga Desa Jabung. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan judul konten yang menarik adalah strategi paling efektif untuk meningkatkan engagement, dan konten yang paling efektif adalah Playful Content di Instagram story yang memanfaatkan fitur interaksi seperti polling dan question box.Unduhan
Referensi
Annisa, N. , H., & Haryanto, T. (2021). Strategi Promosi Wisata Desa Berbasis Analisis SWOT, AOI dan AISAS di Desa Wisata Kandri Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, , 5(2), 123–137.
Bargandini, M., & Arsawati, S. (2021). Optimalisasi Media Sosial Instagram dalam Promosi Desa Wisata Kenderan Gianyar. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1), 1–15.
Garst, Kc. Y. S. M. Strategy. D. M. M. S. S. of T. O. M. S. (2015). Creating Your Social Media Strategy. in M. Meyerson, Success Secrets of The Online Marketing Superstars. Entrepreneur Press.
Gligor, D. , Bozkurt, S. , & Russo, I. (2019). Achieving customer engagement with social media: A qualitative comparative analysis approach. Journal of Business Research, 10(1), 5969.
Gummerus, J. , Liljander, V. , Weman, E. , & Pihlstrom, M. (2012). Customer engagement in a Facebook brand community. Management Research Review, 35(9), 857–877.
Halvorson, K. (2009). Content Strategy for the Web. New Riders.
Kaplan, A. M. , & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
Solis, B. (2010). Engage! The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. John Willey & Sons. https://doi.org/10.2501/S0265048710201300
Strauss, J., & Frost, R. (2011). E-marketing. Pearson.
Sukhraj, R. (2022, January 6). Social Media KPIs: The 10 You Really Should Be Tracking and Monitoring. Https://Www.Impactbnd.Com/Blog/Social-Media-Kpis.
Vivek, S. D. (2012). Customer engagement: Exploring customer relationships beyond purchase. Journal of Marketing Theory and Practice, 20(2), 122–146.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Hak Cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Multimedia sebagai otoritas untuk menerbitkan artikel dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, yang memungkinkan artikel untuk dibagikan dengan sepengetahuan penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasi.
2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (misalnya: pada repositori universitas atau buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Option.
3. Penulis diperbolehkan memposting karyanya secara online (misalnya: di situs pribadi atau di repositori universitas) sebelum dan sesudah proses penyerahan (lihat Pengaruh Akses Terbuka)
