Strategi Promosi Program Dokumenter Televisi “Doctive: Persona†Melalui Media Sosial Instagram
DOI:
https://doi.org/10.56873/jimk.v9i1.300Kata Kunci:
Strategi promosi, Dokumenter televisi, InstagramAbstrak
Penciptaan karya ini bertujuan untuk menciptakan strategi promosi program dokumenter melalui media sosial instagram. Strategi promosi dilakukan untuk mengenalkan program yang dibuat kepada masyarakat luas. Pembuatan konten promosi menggunakan aplikasi canva dan adobe premiere yang digunakan untuk mengedit potongan-potongan video dan dijadikan trailer sebagai salah satu konten promosi program. Teknik promosi yang dilakukan adalah membagikan konten tentang program melalui feeds, reels, dan instagram story. Berdasarkan hasil review insight akun instagram yang digunakan sebagai media promosi didapatkan total kunjungan pada semua konten yang diunggah sebanyak 449 kali kunjungan dalam waktu 1 minggu. Strategi promosi melalui media sosial instagram telah berhasil dan tepat digunakan dengan membagikan konten yang fiture yang sudah disediakan instagram bisa menarik perhatian masyarakatUnduhan
Referensi
Ayawaila, G. R. (2008). Dokumenter Dari Ide Sampai Produksi. FFTVIKJ.
Bannisa, G., & Oktora, D. D. (2022). Strategi Promosi Program Drama Televisi “One Last Change†Melalui Sosial Media Instagram. Jurnal Sense, V. https://journal.isi.ac.id/index.php/sense/article/view/6998
Ernawati, A. (2023). Menguasai Program Televisi: Panduan Awal untuk Pemula. NEM.
Fachruddin, A. (2012). Dasar- Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Prenada Media Group.
Fachrudin, A. (2014). Dasar-Dasar Produksi Televisi. Kencana Prenada Media Group.
Febriani, S. N., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principal of Marketing 14ed: Global Edition. Pearson Education.
Kotler, P., Keller, & Kevin L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Pretice Hall, Inc.
Latief, R. (2020). Panduam Produksi Acara Televisi NondramaLa. Kencana.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Sosioteknologi cet.kedua. Simbiosa Rekatama Media.
Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. PT Elex Komputindo.
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus – Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Puskata Utama.
Sukirno, S. (2013). Makro Ekonomi, Teori Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada.
Suprapto, T. (2006). Berkarir di Bidang Broadcasting. Media Pressindo,.
Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi.
Wibowo, F. (2007). Teknik Produksi Program Televisi. Pinus Book Publisher .
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan artikel di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Hak Cipta tetap pada penulis dan memberikan hak kepada Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Multimedia sebagai otoritas untuk menerbitkan artikel dengan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, yang memungkinkan artikel untuk dibagikan dengan sepengetahuan penulis artikel dan jurnal ini sebagai tempat publikasi.
2. Penulis dapat mendistribusikan publikasi artikelnya secara non-eksklusif (misalnya: pada repositori universitas atau buku) dengan pemberitahuan atau pengakuan publikasi di jurnal Option.
3. Penulis diperbolehkan memposting karyanya secara online (misalnya: di situs pribadi atau di repositori universitas) sebelum dan sesudah proses penyerahan (lihat Pengaruh Akses Terbuka)
